Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Rumahan yang Dapat Membunuh Gulma, Apa Saja?

Kompas.com - 19/10/2022, 09:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanah yang sehat sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan lingkungan yang indah. Gulma tumbuh subur di tanah yang tidak sehat dan sering kali menjadi tantangan dalam menghilangkannya.

Dilansir Express.co.uk, Rabu (19/10/2022) pakar tanaman di Summit Turf Services membagikan cara terbaik mereka untuk membunuh gulma secara permanen di kebun untuk memastikan gulma tidak lagi kembali.

Mereka menjelaskan, menargetkan dan membunuh akar adalah cara permanen membunuh gulma.

Baca juga: Manfaat Air Perasan Lemon untuk Tanaman, Bisa Bunuh Gulma

Ilustrasi gulma, Ilustrasi membasmi gulma di kebun.Shutterstock/damiangretka Ilustrasi gulma, Ilustrasi membasmi gulma di kebun.

Anda dapat menggunakan pembunuh gulma alami dan buatan, namun gulma pada akhirnya akan kembali jika akar tanaman bertahan. Ada banyak produk yang tersedia yang dapat membantu Anda menyingkirkan gulma.

Namun, beberapa produk mengandung bahan kimia berbahaya. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat membunuh gulma secara permanen secara alami.

Metode pengendalian gulma alami biasanya lebih aman digunakan karena tidak berpotensi membahayakan keluarga, hewan peliharaan, atau lingkungan.

Misalnya, mulsa di kebun dengan koran adalah salah satu teknik alami untuk mencegah gulma, yang seharusnya menghambat perkembangannya sambil mempertahankan nutrisi tanah. 

Baca juga: Cara Merawat Paving Block agar Bersih, Bebas Gulma, dan Tak Berlumut

Bahan alami pembasmi gulma

Para ahli melanjutkan, pilihan alami lainnya termasuk menggunakan bahan-bahan rumah tangga sehari-hari, terbukti sebagai herbisida yang efektif. Misalnya, para pemilik kebun telah menggunakan garam dan cuka, yang tersedia dan tidak mahal, untuk berhasil memerangi gulma.

Untuk membunuh gulma, beberapa pemilik kebun merekomendasikan untuk menggabungkan garam, sabun, dan cuka.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com