Kompas.com - 03/10/2022, 20:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa hal yang menyebabkan bulu kucing menjadi kotor meski sering membersihkannya, salah satunya kotoran tinja.

Kotoran tinja bisa menempel pada bulu kucing, tetapi dapat dengan mudah dibersihkan apabila areanya mudah dijangkau sahabat bulu.

Baca juga: Plus Minus Memelihara Kucing British Shorthair, Apa Saja?

Akan tetapi, terkadang kotoran tinja berada di area yang sulit dijangkauan kucing. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran tinja bisa mengering dan mengeras, yang membuat Anda harus membersihkannya. 

Untuk itu, cara terbaik adalah mencegah kotoran tinja menempel pada bulu kucing sepert disadur dari Pet Keen, Senin (3/10/2022). 

Perhatikan berat badannya

Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.SHUTTERSTOCK / Dennis van de Water Ilustrasi kucing obesitas, ilustrasi kucing gemuk.

Kucing gemuk mengalami kesulitan merawat dirinya sendiri karena tidak bisa mencapai bokongnya atau area-area yang dipenuhi kotoran tinja.

Namun, kucing dengan berat badan ideal, dapat dengan mudah membersihkan tubuhnya. Untuk itu, jaga berat badan sahabat bulu dalam kondisi ideal. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Lidah Kucing, Tekstur Kasar dan Sensitif Garam

Rapikan bulunya

Kucing berbulu panjang lebih rentan terkena kotoran tinja, terutama pada area bokong. 

Dengan merapikan bulu kucing atau menjaganya tetap pendek, terlebih area bokong, dapat mencegahnya terkena kotoran tinja serta mencegah kamu tidak harus selalu membersihkan tinja yang menempel.

Baca juga: Benarkah Bulu Kucing Dapat Mengusir Tikus?

Bersihkan kotak pasir

Kucing suka kotak pasir yang bersih. Sebaliknya, kotak pasir yang kotor dapat menyebabkan tinja yang berada di dalamnya menempel ke kaki dan bulu kucing. 

Karena itu, perlu menjaga kebersihan kotak pasir demi mencegah kotoran tinja menempel. Selain itu, kotak pasir yang bersih memberikan keleluasaan dan kenyamanan bagi sahabat bulu saat menggunakannya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Pet Keen


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.