Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2022, 15:32 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air adalah bagian penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup, termasuk kucing.

Oleh karena itu, pastikan kucing peliharaanmu meminum air sesuai dengan jumlah yang dibutuhkannya agar terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan yang membahayakannya.

Namun, apabila kucingmu cukup sulit untuk minum air, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan supaya membuatnya doyan minum.

Baca juga: Hewan Peliharaan Minum Air Kloset, Berbahayakah?

Dilansir dari Cats, Minggu (25/9/2022), berikut ini cara membuat kucing doyan minum air.

Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
SHUTTERSTOCK/JACK_PHOTO Jika air yang tersedia tidak cukup segar dan bersih atau tidak tersedia air sama sekali, mungkin itu yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak suka makanan kering yang biasa dimakannya.
Isi ulang mangkuk airnya setiap hari

Ketika kamu hendak minum dari segelas air yang telah tersaji selama beberapa hari, mungkin itu tidak lagi menggugah selera.

Kucingmu kemungkinan akan merasakan hal yang sama sehingga ia akan menghargai mangkuk yang berisi air bersih dan segar setiap hari.

Tempatkan mangkuk minumnya di beberapa area rumah

Kucing lebih suka minum di lokasi yang berbeda. Jadi, beri banyak pilihan tempat untuk kucingmu minum sehingga membuat ia lebih banyak minum karena memiliki akses yang lebih banyak.

Baca juga: Seberapa Banyak Anjing dan Kucing Perlu Minum?

Coba mangkuk air yang berbeda

Kucing mungkin juga menyukai jenis mangkuk air tertentu. Mangkuk berbahan plastik dan logam dapat mencemari air sehingga coba untuk menggunakan mangkuk keramik atau kaca sebagai gantinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com