Kompas.com - 02/10/2022, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui merupakan ilmu Tiongkok kuno yang digunakan untuk menata benda, bangunan, dan ruang dalam suatu lingkungan guna mencapai keseimbangan, salah satunya menemukan tempat tepat untuk meletakkan TV di ruang tamu

Menurut logika feng shui, Anda harus berusaha menjaga rumah tetap sederhana dan bebas kekacauan untuk mempromosikan kehidupan yang harmonis. 

Baca juga: 4 Benda yang Dapat Membawa Keberuntungan di Rumah Menurut Feng Shui

Sayangnya, Dana Claudat, ahli feng shui modern, mengatakan, televisi dapat mengacaukan energi serta mengganggu kesehatan dan lingkungan, terutama di tempat berkumpul dan istirahat. 

Meski begitu, keseimbangan tetap dapat dicapai dengan penempatan furnitur yang tepat dan desain yang menekankan aliran baik ke seluruh rumah. Dengan mengikuti prinsip-prinsip feng shui, dapat membuat proses desain menjadi lebih mudah.

Dilansir dari House Digest, Minggu (2/10/2022), berikut ide meletakkan TV di ruang keluarga berdasarkan aturan feng shui. 

Baca juga: 5 Cara Menerapkan Elemen Feng Shui ke Rumah 

Feng shui untuk ruang keluarga

Ilustrasi TV di ruang tamu sempit. SHUTTERSTOCK/SAKARIN SAWASDINAKA Ilustrasi TV di ruang tamu sempit.
Ruang keluarga biasanya diisi dengan beberapa perabot, tetapi sofa dan TV paling menonjol. Menempatkan televisi di seberang sofa adalah langkah optimal untuk menonton dan menggabungkan keseimbangan.

Ukuran suatu barang juga mempengaruhi energi suatu ruangan sehingga TV perlu proporsional dengan ruang dan furnitur lainnya.

Aturan penting lainnya adalah tidak meletakkan sesuatu, termasuk TV di dekat jendela. Dalam feng shui, ini menciptakan kerentanan dan menghambat aliran getaran positif. Jadi, pastikan menemukan cara menjaga TV  tetap rapi dan tidak terlihat. 

Baca juga: 6 Benda di Ruang Tamu yang Sebaiknya Tak Dibeli dengan Harga Murah 

Tempat yang harus dihindari untuk meletakkan TV

Prinsip feng shui tradisional sama sekali tidak menganjurkan TV diletakkan di kamar tidur. Namun, nyatanya 64 persen rumah tangga memiliki satu TV di kamar tidur mereka.

TV digunakan sebagai hiburan dan cenderung mengambil fokus Anda dari pertukaran energi lain yang lebih positif seperti tidur serta interaksi dengan keluarga dan teman. 

Baca juga: Cara Merawat TV LED agar Layarnya Tidak Bergaris

Untungnya, ada cara mengubah efek TV di ruangan mana pun dengan mencabutnya dan menutupinya saat tidak digunakan.

Menurut Shore Home Solutions, terlepas dari ruangan, TV harus disembunyikan atau dijauhkan dari pandangan saat tidak digunakan sebagai solusi feng shui yang sempurna, menghilangkan energi negatif, dan membersihkan segala sesuatunya secara estetis sehingga meningkatkan chi atau energi yang baik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.