Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penggunaan Baby Oil untuk Membersihkan Ragam Benda di Rumah

Kompas.com - 31/08/2022, 21:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baby oil digunakan untuk membersihkan kotoran pada tubuh bayi yang biasanya berasal dari keringat.

Namun, selain untuk bayi, rupanya baby oil bisa digunakan untuk membersihkan rumah

Baca juga: Benarkah Baby Oil Dapat Bikin Peralatan Dapur Berkilau?

Hinch dan Lynsey Crombie, para ahli di bidang kebersihan, mengatakan baby oil telah terbukti memiliki kekuatan seperti cuka putih, baking soda, dan larutan lemon untuk membersihkan kotoran pada sejumlah benda serta permukaan di rumah. 

Dilansir dari The Express Newspaper, Rabu (31/8/2022), berikut beberapa benda dan area di rumah yang bisa dibersihkan dengan baby oil.  

Membersihkan tirai kamar mandi

Ilustrasi kamar mandiUNSPLASH/Andrea Davis Ilustrasi kamar mandi

Baby oil dapat digunakan pada banyak permukaan di sekitar rumah, dari tirai kamar mandi, material stainless steel, hingga furnitur kayu. 

Membersihkan debu dan memoles permukaan yang kusam dengan baby oil ini memberikan hasil akhir yang bersih, mengkilap, serta aroma menenangkan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Shower, Pakai Cuka dan Lemon

Furnitur kayu

Untuk membersihkan furnitur kayu dengan baby oil, teteskan produk ke kain lembap. Setelah itu, gunakan untuk menyeka permukaan furnitur kayu untuk mengembalikan warna mahoni, ek, dan cedar yang tampak kusam di sekitar rumah.

Gunakan baby oil secukupnya untuk menghindari kelembapan berlebih atau hasil akhir yang licin. Gosok kering dengan handuk dan ulangi sesering yang diperlukan. 

Barang kulit

Ilustrasi mem/bersihkan sepatu kulitShutterstock/sergey pozhoga Ilustrasi mem/bersihkan sepatu kulit
Menjaga benda berbahan kulit tetap bersinar dapat dilakukan dengan menggunakan baby oil. Caranya, tuangkan sedikit baby oil ke kain mikrofiber bersih, lalu gosok permukaan benda kulit dengan gerakan melingkar.

Kerjakan area kecil pada satu waktu untuk mendapatkan kilau penuh tanpa goresan. Gunakan handuk kering untuk menggosok kelembapan berlebih dan biarkan sebentar. 

Baca juga: Kami Mencoba: Benarkah Panci Gosong Jadi Bersih Pakai Baking Soda 

Menghilangkan lengket

Noda permen karet dan stiker yang menempel di meja, sofa, bahkan sepatu dapat dibersihkan dengan menggunakan sedikit baby oil .

Teteskan sedikit baby oil di sekeliling noda permen karet atau stiker untuk mengendurkannya, lalu bersihkan permukaan tersebut dengan peralatan makan tumpul seperti pisau plastik.

Selain itu, baby oil dapat menghilangkan noda lengket dari rambut, pakaian, atau produk berlabel. 

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Lemon untuk Membersihkan Area dan Benda di Rumah

Mencegah buih sabun

Buih sabun biasa mengenai sejumlah benda yang ada di kamar mandi seperti shower dan keran air. 

Untuk mencegah buih sabun menjadi noda berkapur, oleskan baby oil ke sejumlah peralatan yang terkena. Setelah itu, gosok menggunakan kain untuk membuat peralatan bersih dan tetap berkilau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com