Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 4 Warna Terbaik untuk Kamar Tidur

Kompas.com - 21/08/2022, 14:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara membuat pola tidur yang berkualitas, dari pemilihan kasur, pengatur suhu, hingga memiliki aromaterapi yang menenangkan.

Namun, sebelum berinvestasi ke produk-produk tersebut, perhatikan kamar tidur dan pertimbangkan palet warna ruangan

Baca juga: 5 Warna Bantal yang Harus Dihindari di Kamar Tidur Menurut Para Ahli

"Penelitian telah menunjukkan warna kamar tidur memiliki dampak signifikan pada kualitas tidur dan itu semua tergantung pada psikologi," kata Abby Hesketh, ahli cat dan warna di Graham & Brown, dilansir dari House Beautiful, Minggu (21/8/2022).

Warna mempengaruhi emosi seseorang serta mengaitkan nilai dan makna. Namun, pemilihan warna ini juga tergantung dari sikap dan kepribadian masing-masing orang. Berikut beberapa warna terbaik untuk kamar tidur. 

Baca juga: 9 Cara Sederhana Mempercantik Kamar Tidur

Biru untuk orang yang gelisah

Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki.
Jika sering tidur gelisah dan terbangun di sisi tempat tidur yang salah, Anda akan mendapat manfaat dari lingkungan yang menenangkan, yang memanfaatkan warna dari sisi spektrum warna yang lebih dingin.

Lucy Ackroyd, Kepala Desain di Christy, mengatakan, bagi mereka yang berjuang tertidur dan bersantai setelah hari yang sibuk di tempat kerja, harus mempertimbangkan memasukkan warna-warna bersahaja yang lebih sejuk seperti biru yang menenangkan dan hijau mint.

Warna-warna tenang ini meningkatkan ketenangan dan diasosiasikan dengan stabilitas serta kedamaian sehingga merupakan penangkal sempurna bagi pikiran dan tubuh yang gelisah.  

Baca juga: 7 Warna Cat Kamar Tidur yang Direkomendasikan Desainer Interior 

Oranye memberi energi untuk seseorang yang bangun pagi

Seseorang yang suka bangun pagi sering kali penuh energi, jadi kamar tidur harus mencerminkan energi dan sifat proaktif mereka.

Palet warna terbaik untuk seseorang yang menyukai bangun pagi adalah cerah dan menyegarkan. "Warna cerah yang hangat, seperti kuning lembut dan oranye, dapat membuat ruangan nyaman sekaligus memancarkan energi positif.

"Warna cerah ini akan cocok dengan gaya tidur individu dan meningkatkan motivasi pagi mereka yang cerah," jelas Lucy. 

Baca juga: 5 Pewangi Kamar Tidur Alami, Bikin Nyaman dan Tidur Nyenyak

Netral untuk orang yang suka bangun di tengah malam

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi kamar tidur tamu.Unsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi kamar tidur tamu.
Nuansa netral memiliki efek menenangkan bagi mereka yang suka terbangun pada tengah malam. 

"Karena ada sebagian orang yang lebih suka berbaring dan lebih produktif pada malam hari, mereka membutuhkan palet warna yang meningkatkan kesegaran dan ketenangan sepanjang hari untuk memudahkan waktu bangun dan membantu bersantai pada malam hari," ucap Lucy.

Palet warna kamar tidur harus dipusatkan di sekitar warna nude seperti krem dan warna pastel muda seperti pink lembut. 

Baca juga: 7 Cara Menata Kamar Tidur Utama agar Tampak Mewah 

Nada abu-abu untuk menenangkan orang tidur nyenyak

Jika ingin tidur nyenyak dan tidak mudah terganggu oleh faktor eksternal, kemungkinan besar Anda adalah orang yang mudah tertidur nyenyak.

"Orang yang tertidur nyenyak cenderung bangun dengan cukup istirahat sehingga skema warna kamar tidur harus mencerminkan lingkungan yang tenang, tapi merangsang. Ini akan membantu mereka mengubah fungsi tubuh dari relaksasi total menjadi rutinitas bangun yang lembut," jelas Lucy. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Tamu 

Kamar tidur abu-abu lembut dan putih bersih akan memberikan awal yang menenangkan untuk hari itu.

Lengkapi warna netral ini dengan warna lain yang menenangkan, tapi mewah, seperti emas lembut yang elegan, untuk memberikan nuansa mewah dan nyaman pada kamar tidur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com