Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab AC Tidak Dingin dan Bekerja Kurang Optimal

Kompas.com - 15/08/2022, 23:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC kini banyak digunakan di rumah-rumah seiring meningkatnya suhu panas.

Akan tetapi, seiring penggunaan dan perawatan yang tidak baik, dapat mempengaruhi cara kerja AC, bahkan membuatnya tidak berfungsi maksimal. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Manfaat Memiliki AC di Rumah

Ada beberapa alasan unit AC tidak berfungsi optimal. Bailey Carson, ahli perawatan rumah di Angi mengatakan, jika AC tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan udara dingin, Anda perlu memahami akar masalahnya terlebih dahulu. 

Berikut sejumlah penyebab AC tidak dingin dan bekerja kurang optimal dilansir dari Homes and Gardens, Senin (15/8/2022),

Suhu yang tidak sesuai

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan. SHUTTERSTOCK/DONIKZ Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Suhu AC yang disetel tidak sesuai dengan suhu di luar ruangan dapat menyebabkannya seperti tidak bekerja dengan benar. 

Pada akhirnya, hal ini akan membuat AC tidak bisa mendinginkan ruangan secara maksimal. Untuk itu, sesuaikan suhu AC dengan suhu di luar ruangan. 

Baca juga: 5 Manfaat Perawatan AC Secara Rutin 

Sirkuit listrik yang bermasalah

Jika AC tidak menyala sama sekali, ini kemungkinan pemutus sirkuit atau kabel bermasalah. Periksa kotak sekering Anda untuk melihat apakah sirkuitnya putus dan setel ulang jika perlu.

Jika menurut Anda masalahnya adalah kelistrikan, jangan mencoba memperbaikinya atau mendiagnosis masalahnya. Pekerjaan listrik bisa berbahaya, jadi bawalah seorang profesional yang mengetahui lah tersebut.  

Baca juga: 6 Tips Meletakkan AC di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Filter tersumbat

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Jika AC mengeluarkan udara hangat, filter kotor biasanya menjadi penyebabnya. Seorang enovator rumah di HGTV, Carmine Sabatella, mengatakan penting melakukan perawatan filter HVAC guna membuat seluruh sistem berjalan.

Traci Fournier, Wakil Presiden Pperasi di One Hour Heating & Air Conditioning, mengatakan, filter udara dirancang untuk menangkap partikel dari lingkungan dalam ruangan dengan memaksa udara melalui filter.

Untuk bekerja efektif, filter harus cukup padat mengumpulkan benda-benda yang sangat kecil, tetapi tidak terlalu padat untuk membatasi aliran udara dan berpotensi merusak AC. 

Baca juga: 4 Perawatan AC yang Harus Dilakukan Saat Cuaca Panas

Berbagai jenis filter perlu diubah pada interval yang berbeda. Kebanyakan filter sekali pakai dirancang untuk bertahan selama satu bulan.

Sedangkan filter lain dirancang bertahan hingga tiga bulan, tetapi masih dapat tersumbat lebih awal karena faktor lain di rumah seperti memiliki hewan peliharaan.

Mengganti filter udara secara teratur dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas udara dalam ruangan dan biaya energi di rumah.

Ketika filter AC tersumbat debu, kotoran, bulu hewan peliharaan, dan partikel lainnya, ini akan mengurangi aliran udara ke sistem serta memaksanya bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com