Kompas.com - 15/08/2022, 23:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC kini banyak digunakan di rumah-rumah seiring meningkatnya suhu panas.

Akan tetapi, seiring penggunaan dan perawatan yang tidak baik, dapat mempengaruhi cara kerja AC, bahkan membuatnya tidak berfungsi maksimal. 

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Manfaat Memiliki AC di Rumah

Ada beberapa alasan unit AC tidak berfungsi optimal. Bailey Carson, ahli perawatan rumah di Angi mengatakan, jika AC tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan udara dingin, Anda perlu memahami akar masalahnya terlebih dahulu. 

Berikut sejumlah penyebab AC tidak dingin dan bekerja kurang optimal dilansir dari Homes and Gardens, Senin (15/8/2022),

Suhu yang tidak sesuai

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan. SHUTTERSTOCK/DONIKZ Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Suhu AC yang disetel tidak sesuai dengan suhu di luar ruangan dapat menyebabkannya seperti tidak bekerja dengan benar. 

Pada akhirnya, hal ini akan membuat AC tidak bisa mendinginkan ruangan secara maksimal. Untuk itu, sesuaikan suhu AC dengan suhu di luar ruangan. 

Baca juga: 5 Manfaat Perawatan AC Secara Rutin 

Sirkuit listrik yang bermasalah

Jika AC tidak menyala sama sekali, ini kemungkinan pemutus sirkuit atau kabel bermasalah. Periksa kotak sekering Anda untuk melihat apakah sirkuitnya putus dan setel ulang jika perlu.

Jika menurut Anda masalahnya adalah kelistrikan, jangan mencoba memperbaikinya atau mendiagnosis masalahnya. Pekerjaan listrik bisa berbahaya, jadi bawalah seorang profesional yang mengetahui lah tersebut.  

Baca juga: 6 Tips Meletakkan AC di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Filter tersumbat

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Jika AC mengeluarkan udara hangat, filter kotor biasanya menjadi penyebabnya. Seorang enovator rumah di HGTV, Carmine Sabatella, mengatakan penting melakukan perawatan filter HVAC guna membuat seluruh sistem berjalan.

Traci Fournier, Wakil Presiden Pperasi di One Hour Heating & Air Conditioning, mengatakan, filter udara dirancang untuk menangkap partikel dari lingkungan dalam ruangan dengan memaksa udara melalui filter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.