Kompas.com - 12/08/2022, 20:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ilmu feng shui yang diterapkan di rumah tidak hanya berlaku untuk bentuk dan ukuran ruangan, tetapi juga cara seseorang menata perabot di dalamnya.

Jika setiap furnitur diletakkan mengikuti panduan feng shui, ini dapat mempengaruhi kehidupan penghuninya seperti melancarkan aliran energi positif atau membantu mengundang kelimpahan.

Baca juga: 5 Bentuk Ruangan di Rumah yang Perlu Dihindari Berdasarkan Feng Shui

Konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan, ilmu feng shui memiliki beberapa aturan dan hitungan tentang baik atau buruknya penataan perabot, khususnya yang digunakan dalam waktu lama.

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, penataan yang sesuai feng shui dapat membuat penghuni menghindari energi yang merugikan.

Ruang tamu adalah tempat pertama yang disinggahi para tamu. Ruang tamu yang baik menurut feng shui adalah yang bisa memberi kesan ramah, bersih, dan rapi,” terang Mas Dian.

Nah, berikut cara menata ruang tamu berdasarkan feng shui, Jumat (12/8/2022). 

Baca juga: 8 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Kondisi ruang tamu

Ilustrasi ruang tamu dengan warna dinding abu-abu.Shutterstock/mixphotos Ilustrasi ruang tamu dengan warna dinding abu-abu.

Untuk kondisi ruang tamu, Mas Dian menuturkan, ruangan harus memiliki jendela sebagai ventilasi agar angin dan cahaya bisa masuk dengan baik.

Perhatikan tata letak perabot

Perabot seperti sofa, cermin, dan sebagainya harus ditempatkan mengikuti aturan tertentu serta konsep dasar yang berkaitan dengan masalah budaya dan etika.

“Misalnya, posisi kursi tamu paling pantang membelakangi pintu masuk karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penggunanya. Logis, bukan?,” kata Mas Dian. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.