Kompas.com - 08/08/2022, 17:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comAnjing Doberman pinscher kerap disebut sebagai anjing paling galak dan berbahaya karena sering digunakan sebagai anjing penjaga.

Doberman memiliki tubuh cukup besar, berotot, dan bulu berwarna hitam pekat dengan beberapa warna cokelat pada wajah, telinga, dan beberapa area tubuh. Tampilan ini makin menguatkan anggapan Doberman sebagai anjing galak.

Namun, betulkah anjing Doberman galak dan berbahaya? Atau justru bersikap melindungi diri karena kurang familiar dengan orang-orang selain pemiliknya? 

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Doberman, Si Penjaga Terbaik yang Cerdas dan Setia

Fisiknya yang cocok sebagai anjing penjaga

Ilustrasi anjing Doberman pinscher. Shutterstock/DragoNika Ilustrasi anjing Doberman pinscher.

Dikutip dari Doberman Planet, Senin (8/8/2022), anjing Doberman memiliki bentuk fisik yang cocok sebagai anjing penjaga.

Anjing Doberman jantan memiliki berat sekitar 34-45 kilogram (kg) dengan tinggi 66-72 Sentimeter (cm), sementara betina memiliki berat sekitar 27-40 kg dan tinggi 60-66 cm.

Lemak tubuh yang rendah dan tampilan berotot secara alami membuat anjing Doberman unggul perihal kecepatan, kekuatan, dan stamina. Doberman bisa berlari hingga 64 kilometer per jam. 

Baca juga: 12 Ras Anjing Ini Paling Setia pada Pemiliknya, Akita hingga Doberman

Anjing ini memiliki dada yang bidang sehingga membuatnya sempurna untuk menghantam mangsa berukuran besar dan membuatnya jatuh.

Ketika sedang berdiri atau duduk, anjing Doberman memiliki postur tegak. Saat diajak bicara keluarganya, mereka akan melihat mata pembicara tanpa memutus kontak.

Walhasil, membuat orang-orang melihat Doberman sebagai anjing yang sangat agresif dan berbahaya. Akibanya, beberapa orang merasa takut dengan Doberman. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Ini Mudah Dilatih, Pudel hingga Doberman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.