Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Betulkah Anjing Doberman Galak dan Berbahaya? Ini Faktanya

Doberman memiliki tubuh cukup besar, berotot, dan bulu berwarna hitam pekat dengan beberapa warna cokelat pada wajah, telinga, dan beberapa area tubuh. Tampilan ini makin menguatkan anggapan Doberman sebagai anjing galak.

Namun, betulkah anjing Doberman galak dan berbahaya? Atau justru bersikap melindungi diri karena kurang familiar dengan orang-orang selain pemiliknya? 

Dikutip dari Doberman Planet, Senin (8/8/2022), anjing Doberman memiliki bentuk fisik yang cocok sebagai anjing penjaga.

Anjing Doberman jantan memiliki berat sekitar 34-45 kilogram (kg) dengan tinggi 66-72 Sentimeter (cm), sementara betina memiliki berat sekitar 27-40 kg dan tinggi 60-66 cm.

Lemak tubuh yang rendah dan tampilan berotot secara alami membuat anjing Doberman unggul perihal kecepatan, kekuatan, dan stamina. Doberman bisa berlari hingga 64 kilometer per jam. 

Anjing ini memiliki dada yang bidang sehingga membuatnya sempurna untuk menghantam mangsa berukuran besar dan membuatnya jatuh.

Ketika sedang berdiri atau duduk, anjing Doberman memiliki postur tegak. Saat diajak bicara keluarganya, mereka akan melihat mata pembicara tanpa memutus kontak.

Walhasil, membuat orang-orang melihat Doberman sebagai anjing yang sangat agresif dan berbahaya. Akibanya, beberapa orang merasa takut dengan Doberman. 

Hal lain yang membuat beberapa orang takut dengan anjing doberman adalah gigitannya yang sangat kuat.

Ketika menggigit, gigi Doberman akan membentuk seperti gunting. Artinya, gigi atas dan bawahnya akan saling terikat ketika sedang menggigit.

Hal inilah yang membuat anjing doberman bisa menahan apa yang digigit secara efektif dan memotong benda yang digigit dengan mudah. 

Temperamen anjing doberman

Ada banyak temperamen anjing Doberman yang perlu diketahui untuk membantu menilai apakah anjing Doberman galak atau tidak.

  • Menjaga diri

Secara alami, Doberman adalah anjing yang sedikit pendiam dan menjaga diri, terutama pada orang-orang yang tidak atau belum dikenal.

Akan tetapi, setelah mengenal dan dekat dengan orang tersebut, anjing Doberman tidak akan menganggap mereka sebagai ancaman. Perilakunya pun menjadi hangat.

Anjing Doberman memiliki naluri untuk protektif terhadap pemiliknya karena dibiakkan untuk hal tersebut selama bertahun-tahun lamanya.

Ketika merasakan ada sesuatu tidak beres dengan pemiliknya, Doberman akan langsung bertindak. Misalnya, ketika ada orang asing yang hendak berperilaku buruk pada pemiliknya, anjing Doberman akan melindungi sang pemilik. 

Anjing Doberman akan menggonggong keras suara sambil menggerakkan kakinya untuk memperingatkan orang asing tersebut. 

  • Loyal

Doberman adalah anjing yang loyal dan senang untuk berada di dekat pemiliknya. Mereka menyayangi pemiliknya dan akan membelanya.

Anjing doberman cenderung memiliki ikatan kuat hanya dengan salah satu anggota keluarga manusianya. 

  • Cerdas

Anjing Doberman merupakan salah satu anjing paling cerdas di dunia. Doberman pintar dalam memecahkan masalah, mengikuti perintah, dan memahami apa yang dibutuhkan darinya.

Kecerdasan yang dimiliki anjing Doberman membuatnya dianggap sebagai salah satu anjing yang paling bisa dilatih di dunia. 

Nah, soal galak atau tidaknya anjing Doberman, itu semua kembali lagi pada pelatihan dan pemeliharaan yang terimanya. Bila dilatih dengan baik, Doberman bisa menjadi anjing yang penyayang dan setia. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/08/171000576/betulkah-anjing-doberman-galak-dan-berbahaya-ini-faktanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke