Kompas.com - 08/08/2022, 14:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pencinta kucing tentu sudah sering mendengar dan tak asing lagi dengan catnip. Ya, catnip adalah tanaman yang disukai kucing

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Tanaman Catnip dan Catmint Sebelum Menanamnya

Namun, apa manfaat catnip untuk kucing?

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022), catnip adalah tanaman bernama latin Nepeta cataria yang berasal dari Eropa dan Asia.

Tanaman yang sudah lama dikaitkan dengan kucing ini, bahkan kucing besar seperti harimau dan singa, dapat menarik perhatian sahabat bulu lantaran satu dari dua kucing mewarisi kepekaan terhadap herbal.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Catnip, Tanaman yang Bikin Kucing Mabuk

Tanaman catnip disebut sebagai saudara kemangi dan oregano. Daya tarik catnip berada pada satu bahan kimia dalam minyak yang mudah menguap, yakni nepetalakton.

Minyak ini ditemukan pada daun, batang, dan biji catnip. Satu atau dua kali hirupan minyak dapat membuat kucing menjilat serta menyunyah catnip, bahkan membuatnya merasa bahagia selama sekitar 10 menit.

Beberapa kucing pun bisa menjadi hiperaktif melalui vokalisasi, pengejaran, dan perilaku berburu yang berlebihan. Namun, ada juga yang menunjukkan tanda-tanda agresi. 

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Kucing Diberikan Catnip?

Manfaat catnip untuk kucing

Ilustrasi kucing sedang menikmati catnip. Catnip pun dapat digunakan untuk mengusir kecoak di rumah. SHUTTERSTOCK/GVICTORIA Ilustrasi kucing sedang menikmati catnip. Catnip pun dapat digunakan untuk mengusir kecoak di rumah.

Ada beberapa manfaat catnip untuk kucing seperti mengatasi stres, melancarkan pencernaan, dan membuat sahabat bulu merasa tenang.

Selain itu, catnip juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu melatih kucing. Misalnya, kucing yang suka menyakar furnitur. Oleskan catnip ke tiang garukan kucing untuk mencegah perilaku mengagruk furnitur tersebut. Jadi, perhatian kucing akan teralihkan ke sana.

Baca juga: Benarkah Tanaman Catnip Memberi Efek Mabuk pada Kucing?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.