Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2022, 14:48 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pencinta kucing tentu sudah sering mendengar dan tak asing lagi dengan catnip. Ya, catnip adalah tanaman yang disukai kucing

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Tanaman Catnip dan Catmint Sebelum Menanamnya

Namun, apa manfaat catnip untuk kucing?

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (8/8/2022), catnip adalah tanaman bernama latin Nepeta cataria yang berasal dari Eropa dan Asia.

Tanaman yang sudah lama dikaitkan dengan kucing ini, bahkan kucing besar seperti harimau dan singa, dapat menarik perhatian sahabat bulu lantaran satu dari dua kucing mewarisi kepekaan terhadap herbal.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Catnip, Tanaman yang Bikin Kucing Mabuk

Tanaman catnip disebut sebagai saudara kemangi dan oregano. Daya tarik catnip berada pada satu bahan kimia dalam minyak yang mudah menguap, yakni nepetalakton.

Minyak ini ditemukan pada daun, batang, dan biji catnip. Satu atau dua kali hirupan minyak dapat membuat kucing menjilat serta menyunyah catnip, bahkan membuatnya merasa bahagia selama sekitar 10 menit.

Beberapa kucing pun bisa menjadi hiperaktif melalui vokalisasi, pengejaran, dan perilaku berburu yang berlebihan. Namun, ada juga yang menunjukkan tanda-tanda agresi. 

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Kucing Diberikan Catnip?

Manfaat catnip untuk kucing

Ilustrasi kucing sedang menikmati catnip. Catnip pun dapat digunakan untuk mengusir kecoak di rumah. SHUTTERSTOCK/GVICTORIA Ilustrasi kucing sedang menikmati catnip. Catnip pun dapat digunakan untuk mengusir kecoak di rumah.

Ada beberapa manfaat catnip untuk kucing seperti mengatasi stres, melancarkan pencernaan, dan membuat sahabat bulu merasa tenang.

Selain itu, catnip juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu melatih kucing. Misalnya, kucing yang suka menyakar furnitur. Oleskan catnip ke tiang garukan kucing untuk mencegah perilaku mengagruk furnitur tersebut. Jadi, perhatian kucing akan teralihkan ke sana.

Baca juga: Benarkah Tanaman Catnip Memberi Efek Mabuk pada Kucing?

Bisa pula menaburkan beberapa catnip kering di tempat tidur atau bantal baru agar kucing dapat beristirahat di sana.

Jika baru membeli mainan interaktif, oleskan atau tempelkan catnip pada mainan untuk mendorong kucing aktif sembari berolahraga.

Baru mengadopsi kucing dan mereka masih malu-malu? Taburkan catnip di sekitar rumah untuk membuat sahabat bulu merasa nyaman. 

Baca juga: Apa Itu Catnip dan Kenapa Kucing Sangat Menyukainya?

Gunakan secara terbatas

Catnip bukan sesuatu yang berbahaya bagi kucing. Namun, hindari memberikan catnip secara  berlebihan. Cukup berikan sebanyak satu atau dua kali seminggu.

Jika memberi kucing terlalu banyak catnip, sistem pencernaannya bisa terganggu. Selain itu, kucing di bawah usia enam bulan pun sebaiknya tidak diberi catnip karena masih belum kebal dengan efeknya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com