Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Kompas.com - 24/07/2022, 17:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Udara adalah unsur terpenting dalam kehidupan. Tanpa udara, kehidupan tidak akan berjalan optimal, bahkan mengalami kepunahan. 

Misalnya, di kehidupan rumah tangga, hunian yang tidak memiliki udara bisa membuat Anda kekurangan oksigen dan merasa kepanasan. Akibatnya, mengalami kesulitan bernapas, yang akhirnya bisa mengancam jiwa.  

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan

Namun, masih banyak orang yang menganggap remeh kualitas udara dari hari ke hari. Belum lagi, kebanyakan udara di dalam rumah lebih buruk dibanding di luar ruangan

Padahal, udara di dalam rumah harus berkualitas karena berpengaruh besar terhadap kesehatan.

Kualitas udara yang buruk bertanggung jawab atas banyak masalah kesehatan seperti penyakit pernapasan, penyakit jantung, bahkan beberapa jenis kanker. 

Nah, berikut cara meningkatkan kualitas udara di dalam rumah dikutip dari My Decorative, Minggu (24/7/2022).  

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Tanda Kualitas Udara di Rumah Anda Buruk 

Membuka jendela 

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela. Shutterstock/Antoha713 Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela.
Ventilasi rumah menjaga sirkulasi udara segar, yang secara alami dapat meningkatkan kualitas udara di rumah. Ini membantu menghilangkan bau masakan, polutan di dalam ruangan, serta mengurangi kelembapan

Terlalu banyak kelembapan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, yang berbahaya bagi kesehatan. Masalah jamur ini dimulai dengan munculnya tambalan basah pada dinding. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah serius. 

Begitu pun tidak membuka jendela dengan cukup dapat meningkatkan tingkat kelembapan dan menjadi lingkungan sempurna bagi tungau debu yang dapat menyebabkan kondisi kulit serius serta menambah masalah penyakit asma.

Karena itu, sangat penting membuka jendela di rumah, termasuk kamar mandi selama mandi sehingga kelembapan bisa ditarik ke luar.

Jika tidak memiliki jendela di kamar mandi, belilah pengekstrak kamar mandi berkualitas baik yang akan menghilangkan kelembapan dan menghilangkannya. 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Ruangan Saat Cuaca Panas 

Atasi kebocoran di rumah

Ilustrasi pipa bocor, ilustrasi pipa, ilustrasi bocor.SHUTTERSTOCK / Andrey_Popov Ilustrasi pipa bocor, ilustrasi pipa, ilustrasi bocor.
Sangat penting memperbaiki kebocoran di rumah, terutama di tempat yang tidak seharusnya. Sebab, kebocoran air yang tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan pertumbuhan jamur serta bau tidak sedap di seluruh rumah.

Tingkat toksisitas yang tinggi ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kelelahan, serta masalah kesehatan serius yang disebutkan sebelumnya.

Jika tidak dapat memperbaiki kebocoran sendiri, hubungi tukang ledeng yang berkualifikasi sebelum masalahnya bertambah parah.

Selain itu, saat membersihkan rumah, usahakan tetap menggunakan produk alami dan organik. Beberapa produk berbahan kimia keras dapat menyebabkan kerusakan. Bahkan bila digunakan secara berlebihan, bisa menurunkan kualitas udara di seluruh rumah.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com