Kompas.com - 02/07/2022, 15:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat dinding interior menawarkan cara murah untuk mengubah tampilan rumah secara dramatis. Namun, sebelum mengecat, Anda harus mengaplikasikan primer ke dinding untuk memastikan hasil akhir yang tahan lama.

Lapisan ini harus benar-benar kering sebelum menambahkan lapisan atas cat untuk mencegah masalah setelah selesai mengecat.

Waktu pengeringan untuk primer bervariasi tergantung pada pabriknya, dan tingkat suhu dan kelembapan ruangan.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengecat Dinding Interior

Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan, ilustrasi mengecat rumahShutterstock/fongbeerredhot Ilustrasi cat, ilustrasi mengecat ruangan, ilustrasi mengecat rumah

Dilansir Home Guides SF Gate, Sabtu (2/7/2022) suhu ideal untuk waktu pengeringan primer dapat bervariasi tergantung pada produsen, tetapi sebagian besar merekomendasikan penerapan primer pada suhu sekitar 25 derajat celcius, dengan kelembapan relatif 50 persen.

Sebagian besar primer lateks mengering saat disentuh dalam waktu 30 menit hingga satu jam. 

Kelembapan tinggi dan suhu dingin juga dapat memperpanjang waktu pengeringan. Dan yang harus diperhatikan adalah jangan mengecat dinding sampai primer benar-benar kering.

Apa pentingnya menggunakan primer sebelum mengecat?

"Pengikat di primer drywall adalah polivinil asetat yang merupakan bahan yang sama dengan lem tukang kayu," jelas Johnson Brothers Painting.

 

Baca juga: 3 Hal yang Dapat Menyebabkan Kegagalan Dalam Mengecat Dinding

Tujuan utama dari zat perekat ini adalah untuk menyegel kertas drywall. Tanpa itu, cat yang mengandung air, yang memiliki pengikat lateks, meresap ke dalam bahan berpori secara tidak merata, menciptakan bercak dan area kasar yang terlihat.

Biasanya akan dibutuhkan lapisan cat ekstra untuk meratakan area yang bernoda, dan cat lebih mahal daripada cat dasar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.