Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Indonesia Luncurkan KÅSEBERGA, Tas Serbaguna dari Sampah Plastik

Kompas.com - 13/05/2022, 20:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sampah plastik di laut Indonesia mencapai 6,8 juta ton per tahun.

Melihat hal itu, IKEA Indonesia turut serta membantu meminimalkan pencemaran sampah plastik di laut Indonesia, khususnya Bali, dengan menghadirkan koleksi KÅSEBERGA—koleksi tas terbaru yang terbuat dari sampah plastik. 

Baca juga: Kurangi Sampah Plastik, KAI Pakai Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Produk KÅSEBERGA terbuat dari bahan terbarukan dan didaur ulang hadir untuk mendukung gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan keberlanjutan lingkungan.

Koleksi KÅSEBERGA merupakan produk kolaborasi dengan World Surf League (WSL), sebuah organisasi olahraga terkemuka untuk peselancar dunia.

Tas KÅSEBERGA memiliki desain fungsional dan stylish sehingga dapat digunakan untuk berbagai hal. 

KÅSEBERGA terdiria tas tiga jenis tas, yakni KÅSEBERGA bag, KÅSEBERGA beach bag, dan KÅSEBERGA belt bag. Ketiga memiliki fungsi berbeda yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

KÅSEBERGA bag dapat digunakan untuk bahan belanjaan sehari-hari serta dapat digunakan berulang-ulang. KÅSEBERGA beach bag memiliki dua kompartemen yang dapat memisahkan barang basah dan kering. 

Baca juga: Pegiat Lingkungan Minta Keterbukaan Peta Jalan Pengurangan Sampah Plastik  

Sampah plastik di laut dapat mempengaruhi kehidupan 

Dyah Fitrisally, Country Marketing Manager IKEA Indonesia, mengatakan, salah satu fokus IKEA Indonesia pada tahun ini adalah mendukung hidup berkelanjutan di rumah.

"Karena itu, kami selalu berinovasi mencari kemitraan baru untuk mengembangkan produk baru demi mendukung visi IKEA, yaitu menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang,” kata perempuan yang akrab disapa Sally itu dalam acara peluncuran produk KÅSEBERGA, Bali, Jumat (13/5/2022).  

Dhea Natasya, peselancar Internasional Indonesia yang turut hadir dalam acara tersebut, menambahkan, sebagai peselancar yang dekat dengan lautan, ia sering kali melihat secara langsung bagaimana sampah plastik mengganggu lingkungan. 

Baca juga: 7 Benda yang Tak Boleh Dibuang ke Tempat Sampah Sembarangan

Maka itu, ia menghargai upaya IKEA mendukung lingkungan berkelanjutan lewat koleksi KÅSEBERGA. 

Sally mengatakan, seebagai langkah nyata berkontribusi positif bagi lingkungan dan komunitas, IKEA Indonesia bersama dengan Sungai Watch dan peselancar akan melakukan aktivitas river clean up di daerah Jimbaran untuk mencegah sampah plastik mengalir sampai ke laut yang bisa menyebabkan pencemaran polusi plastik.

"Selain itu, untuk mendukung upaya Sungai Watch, setiap pembelian KASEBERGA, pelanggan sudah ikut berdonasimelindungi laut dari sampah plastik,” jelas Sally. 

Baca juga: 3 Tempat Terbaik untuk Menaruh Tempat Sampah di Dapur 

Memanfaatkan limbah plastik

Co-Founder Sungai Watch, Gary Bencheghib, yang juga merupakan salah satu pembicara dalam peluncuran koleksi KÅSEBERGA, menyampaikan bahwa Sungai Watch antusias bermitra dengan IKEA Indonesia dalam misi mengubah pola pikir dan perilaku pelanggan terhadap limbah plastik.

Persentase penjualan KÅSEBERGA dapat membantu kita  membersihkan sungai di Jimbaran, Bali,” kata Gary. 

Baca juga: 5 Sampah Dapur yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tanah Tanaman

Pada hari peluncuran koleksi ini, terdapat instalasi koleksi KÅSEBERGA di IKEA Bali. Setiap pengunjung yang mengambil foto di instalasi ini dapat menikmati satu ice cream cone secara gratis.

Bagi Anda yang berminat membelinya, koleksi KÅSEBERGA dapat mulai dibeli di seluruh toko IKEA Indonesia, website IKEA.co.id, dan IKEA Apps mulai 13 Mei 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com