Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2022, 21:01 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur remaja putri adalah salah satu hal paling menantang yang akan dilakukan orang tuan saat mendesain rumah.

Selain untuk tidur, kamar tidur remaja putri juga biasa digunakan sebagai tempat belajar, bersantai, bahkan berkumpul bersama teman-temannya. 

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Ramah Lingkungan

Dengan demikian, perlu mendekorasi kamar tidur sesuai dengan kepribadian mereka dan tema umum rumah, tetapi hal ini terkadang sulit dicapai. 

Namun, ada banyak ide kamar tidur remaja putri yang bisa dipilih. Kunci mendekorasi kamar tidur remaja putri adalah memahami apa yang disukai anak, bagaimana dia mengekspresikan kepribadiannya, serta membuat ruangan menjadi fungsional. 

Dikutip dari My Decorative, Kamis (5/5/2022), berikut adalah ide mendekorasi kamar tidur remaja putri.  

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Kamar Tidur Bergaya Cottage 

Warna cerah

Ilustrasi kamar tidur remaja putri.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur remaja putri.
Warna-warna berani atau cerah membuat ruangan lebih hidup, menyenangkan, girly, dan menambah energi. Beberapa orang tua merasa harus melepaskan warna-warna berani saat anak beranjak remaja.

Namun, sebanyak Anda ingin beralih ke tema yang lebih dewasa, koral menjadi warna cerah yang bisa dipilih. Warna ini menambah kesan sejuk dan segar pada ruangan. 

Sebagian besar kamar tidur anak perempuan didominasi warna merah muda atau pink, bahkan hingga memasuki masa remaja. Namun, warna merah muda masih bisa menjadi keren.

Akan tetapi, bila tidak ingin desain kamar tidur remaja putri didominasi warna pink, aksesori seperti tempat tidur, cermin, serta galeri dinding adalah cara bagus untuk mempertahankan sentuhan pink dengan latar belakang warna lain seperti putih. 

Baca juga: 7 Tips Mendesain Tata Letak dan Memilih Warna di Kamar Tidur 

Penyimpanan cerdas

Penyimpanan cerdas adalah sesuatu yang ingin Anda tekankan dan sertakan dalam tema kamar tidur remaja putri. Anda ingin anak belajar menjaga kamar tidur tetap rapi setiap saat.

Penyimpanan cerdas yang tergabung dalam keseluruhan desain sangat membantu menjaga kamar tidur tetap rapi. Terlebih bila memiliki lebih dari satu gadis remaja di kamar tidur yang sama. Kebutuhan akan ruang dan penyimpanan tentu semakin meningkat.

Tempat tidur dengan tempat penyimpanan di bawahnya, rak, lemari pakaian, dan rolling bin dapat membantu mengatur semua barang dan membuat ruangan tampak bersih, rapi, juga menyenangkan. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Remaja 

Seni dinding

Ilustrasi kamar tidur remaja putri.Shutterstock/New Africa Ilustrasi kamar tidur remaja putri.
Untuk membuat ruangan lebih menarik, cobalah memajang seni dinding seperti foto, ilustrasi, jam dinding, dan cermin. Ini bisa membuat kamar tidur remaja putri menjadi lebih menarik. 

Seni dinding akan sangat dipengaruhi kepribadian, preferensi remaja, dan hobi apa pun yang dimiliki. Namun, banyak aksesori tersedia dalam gaya berbeda untuk memenuhi kebutuhan spesifik orang yang berbeda. Seni dinding yang rumit bisa menghidupkan ruangan. 

Baca juga: 7 Tips Menciptakan Kamar Tidur Tamu yang Nyaman

Pertimbangkan privasi

Setiap mendekorasi kamar tidur remaja putri harus memastikan bahwa memenuhi kebutuhan akan privasi. Sebab, kamar tidur tidak hanya menjadi tempat menghabiskan waktu pribadi mereka, tetapi juga menjamu teman-temannya dan berbagi rahasia kecil mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com