Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Minyak Goreng, Ini 8 Benda yang Tak Boleh Dibuang di Wastafel

Kompas.com - 28/04/2022, 08:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel dapur menjadi area yang sering digunakan setiap hari. Mulai dari membersihkan piring kotor, buah-buahan, sayuran, dan lainnya.

Terkadang, partikel-partikel kecil yang berasal dari bahan makanan atau sisa kotoran makanan di perlengkapan makan terjatuh ke lubang wastafel dan membuatnya tersumbat.

Dilansir Insider, Kamis (28/4/2022) selain minyak goreng, ada beberapa benda yang tidak boleh terjatuh ke lubang pembuangan wastafel dapur. Sebab, sampah dapur tersebut dapat berpotensi berdampak negatif pada lingkungan dan rumah.

 

Baca juga: Penyebab Wastafel Stainless Steel Berubah Warna dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi saluran air wastafel dapur. FREEPIK/WIRESTOCK Ilustrasi saluran air wastafel dapur.

Berikut beberapa sampah dapur yang tidak boleh dibuang ke saluran pembuangan wastafel dapur. 

1. Beras 

Ketika mencuci beras, sebaiknya hindari menjatuhkan butiran beras ke dalam saluran pembuangan wastafel, sebab butiran beras dapat menggumpal saat basah dan gumpalan ini dapat menyumbat pipa.

2. Cangkang telur

Cangkang mungkin tampak terlalu halus untuk menyebabkan masalah, tetapi kulit telur dapat merusak pipa pembuangan wastafel dapur.

Saat basah, cangkangnya bisa menjadi lengket dan melapisi pipa atau bilah pembuangan sampah. Jika lapisan ini mengeras, akan sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, hindari menjatuhkan cangkang telur di saluran wastafel dapur. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Porselen Pakai Baking Soda

3. Bubuk kopi atau ampas kopi

Meskipun beberapa pembuangan dapat menangani ampas kopi bekas, membuangnya ke saluran pembuangan dapat menyumbat pipa dan pada akhirnya dapat menyebabkan masalah. 

4. Pasta

Menurut Hunker, makanan bertepung seperti pasta bisa tersangkut di bilah pembuangan Anda dan juga bisa membengkak dan menyumbat pipa.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com