Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2022, 16:36 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu memiliki masalah dengan serangga di kebun? Alih--alih menggunakan insektisida kimia, cobalah untuk membuat insektisida sendiri yang terdiri dari bahan alami.

Meskipun terbuat dari bahan-bahan yang bisa kamu temui di rumah, insektisida ini tak kalah efektif dari insektisida kimia pabrikan. Karena terbuat dari bahan alami, larutan ini lebih aman dan tidak meninggalkan residu racun pada tanaman sayuran.

Melansir dari Just Agric, Jumat (15/4/2022), berikut ini langkah-langkah membuat insektisida alami dan cara menggunakannya.

Baca juga: Apakah Aman Menggunakan Alkohol untuk Insektisida Tanaman?

Alat dan bahan yang digunakan:

  • Sabun cair
  • Minyak sayur
  • Baking soda
  • Air
  • Botol spray

Cara membuat insektisida alami:

  • Siapkan 1 liter air bersih kemudian campurkan dengan 4 sendok makan baking soda, 2 sendok makan minyak sayur dan 2 sendok makan sabun cair.
  • Masukkan campuran ini ke dalam botol spray lalu kocok hingga semua bahan tercampur.
  • Setelah bahan tercampur kamu sudah bisa menggunakan semprotan pestisida ini untuk tanamanmu.

Baca juga: Cara Membuat Sabun Insektisida untuk Mencegah Hama Tanaman

Cara menggunakan cairan insektisida

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya semprot cairan insektisida pada pagi hari atau sore hari. Kamu bisa menggunakan cairan insektisida alami ini untuk beberapa jenis tanaman sayur dan buah seperti timun, semangka, celosia, jute atau ewedu.

Tidak seperti insektisida kimia, jenis insektisida organik ini tidak akan membunuh serangga. Serangga mungkin merusak tanaman, namun sangat dibutuhkan oleh kebun sayur untuk penyerbukan. Sebaiknya cukup usir serangga-serangga ini dan jangan dibunuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com