Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Insektisida Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Kompas.com - Diperbarui 02/02/2023, 10:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun di rumah adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Tidak hanya memberikan pasokan sayuran dan buah-buahan ke rumah, berkebun juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Berkebun di rumah pun memberikan serangkaian tantangan bagi Anda, mulai dari cuaca, gulma, serangga, hingga kesuburan tanah dan kondisi tanaman. Namun, tentu saja hasilnya sebanding dengan usaha Anda merawatnya.

Terkait hama dan serangga yang kerap menyerang tanaman, seringkali pilihan solusi yang diambil adalah menggunakan produk-produk insektisida, herbisida, pestisida, maupun pupuk yang sudah ada di pasaran.

Baca juga: Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi

Ilustrasi hand sprayer untuk mengaplikasikan pupuk dan insektisida pada tanaman. SHUTTERSTOCK/OKSARIYANOV Ilustrasi hand sprayer untuk mengaplikasikan pupuk dan insektisida pada tanaman.

Akan tetapi, produk-produk tersebut seringkali meragukan karena bisa saja mengandung toksin yang berbahaya bagi tanaman dan Anda sendiri.

Nah, solusinya, mengapa tidak membuat insektisida sendiri di rumah? Bahan-bahannya mudah didapat, yakni sebagian besar sudah ada di dapur rumah Anda.

Dilansir Treehugger, berikut beberapa insekstisida alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Semprotan minyak sayur

Insektisida buatan sendiri yang terbuat dari minyak sayur yang dicampur dengan sabun lembut dapat berdampak buruk pada serangga tertentu yang mengganggu, seperti kutu daun, tungau, thrips, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Serangga Orek-orek pada Daun Tanaman

Untuk membuat insektisida semprotan minyak ini, campur satu cangkir minyak sayur dengan satu sendok makan sabun cuci piring. Tutup botol semprot dan kocok sampai merata.

Lalu, setelah siap diaplikasikan, tambahkan dua sendok teh campuran semprotan minyak dengan satu liter air, kocok hingga bersih, dan semprotkan langsung ke permukaan tanaman yang dipengaruhi oleh hama kecil.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Sumber Treehugger


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com