BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Ariston

Biar Aman, Ini Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pasang Water Heater di Rumah

Kompas.com - 14/04/2022, 14:55 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comWater heater merupakan salah satu alat rumah tangga yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan mandi air hangat.

Dengan alat tersebut, penghuni rumah tak perlu repot untuk memasak air melalui kompor terlebih dahulu bila hendak mandi air hangat.

Meski demikian, water heater harus dipasang dengan baik agar terhindar dari risiko tersengat listrik akibat kesalahan instalasi.

Untuk menghindari bahaya yang terjadi akibat kebocoran listrik, Anda perlu melakukan hal berikut sebelum memasang water heater di rumah.

1. Hitung anggota rumah

Langkah pertama adalah menghitung jumlah anggota keluarga di rumah. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan kapasitas tangki yang akan digunakan.

Penyesuaian tangki dengan jumlah penghuni dapat membantu Anda untuk mengefisienkan waktu pemanasan ulang.

Untuk diketahui, water heater dengan kapasitas air 15 liter idealnya digunakan untuk dua penghuni rumah. Sementara, water heater berkapasitas 30 liter dapat digunakan untuk empat penghuni rumah.

2. Perhatikan daya listrik

Produk water heater jenis apa pun biasanya membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan kapasitas daya listrik di rumah terlebih dahulu sebelum membeli water heater.

Dengan begitu, Anda bisa menghindari penurunan daya listrik di rumah saat sedang mandi menggunakan alat tersebut.

Anda bisa pula mempertimbangkan memilih produk water heater yang dilengkapi dengan fitur penghemat daya.

3. Cek instalasi pipa

Hal penting lainnya adalah mengecek jalur pipa yang ada di rumah. Sebab, instalasi pipa rumah punya peran penting dalam memudahkan pemasangan water heater.

Cek kualitas dan detail pipa, seperti drat, fitting tee, dan sambungan pipa. Pastikan hal tersebut sesuai untuk pemasangan water heater.

4. Perhatikan keamanan produk

Keamanan jadi hal terpenting dalam penggunaan water heater. Jadi, sebaiknya pilih produk tepercaya yang dapat memberikan keamanan maksimal.

Beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan terkait keamanan water heater adalah bahan dan kemudahan perawatan. Pastikan water heater yang Anda pasang terbuat dari bahan berkualitas yang tahan terhadap karat dan bocor serta mudah dirawat.

5. Pilih merek berkualitas

Saat ini, banyak merek menawarkan beragam produk water heater di pasaran. Untuk menjamin keamanan dan melindungi anggota keluarga, pilih water heater dari merek yang sudah terkenal memiliki produk berkualitas, seperti brand asal Italia, Ariston.

Sebagai informasi, Ariston adalah brand water heater dari Italia yang sudah berpengalaman lebih dari 90 tahun. Brand tersebut memiliki berbagai macam varian produk water heater, mulai dari listrik, gas, hingga tenaga matahari.

Adapun salah satu produk water heater unggulan yang dimiliki oleh Ariston adalah Andris2 Top WiFi yang dilengkapi dengan teknologi dan fitur terkini.

Salah satu teknologi yang disematkan pada Andris2 Top WiFi adalah 3D Safety System. Berkat teknologi ini, water heater tersebut dapat memberikan jaminan sistem keamanan dengan tingkat perlindungan yang optimal pada segala kondisi.

Tak hanya itu, teknologi 3D Safety System pada water heater Andris2 Top WiFi juga dilengkapi dengan tiga fitur berikut.

  • Auto Diagnosis yang akan memberikan peringatan jika terjadi malfungsi pada produk melalui display.
  • Accurate Temperature dengan electronic thermostat. Fitur ini memberikan pengukuran suhu secara akurat.
  • Scalding Prevention atau lampu indikator yang akan menyala jika water heater berada di suhu aman dan ideal, yakni sekitar 40-45 derajat Celcius.

Selain teknologi keamanan, Andris2 Top WiFi juga telah dilengkapi dengan teknologi wireless fidelity (WiFi) dan aplikasi digital Aqua Ariston Net yang bisa di-download di Appstore atau Playstore.

Dengan teknologi ini, Andris2 Top WiFi dapat diakses di mana pun dan kapan pun.

Ada juga teknologi Eco Evo Function yang merupakan sistem penghematan energi paling inovatif dari Ariston. Berkat itu, Andris2 Top WiFi mampu menghemat energi hingga 14 persen.

Keberadaan fitur Eco Evo pada Andris2 Top WiFi juga membuat produk tersebut mampu merekam kebiasaan waktu mandi dan temperatur air secara otomatis. Water heater pun bisa menyediakan air panas sesuai kebutuhan pengguna.

Produk water heater Andris2 Top WiFi dari Ariston.Dok. Ariston Produk water heater Andris2 Top WiFi dari Ariston.

Selain aman dan hemat, produk pemanas air Ariston juga tergolong tangguh karena dibuat dari bahan titanium dan dilengkapi dengan teknologi TitanShield. Bahan dan teknologi ini membuat water heater Ariston tahan terhadap karat dan korosi.

Tak hanya itu, sama seperti produk Ariston lainnya, Andris2 Top WiFi juga dilengkapi dengan fitur Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB) yang dapat mencegah kebocoran arus listrik di dalam water heater.

Fitur pada water heater tersebut juga semakin lengkap berkat AG+ Technology yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada tangki pemanas air hingga 80 persen.

Untuk memudahkan penggunaan, Andris2 Top WiFi telah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh yang canggih.

Pada segi tampilan, alat tersebut memiliki desain yang eksklusif dan mewah karena dirancang langsung oleh desainer ternama Italia, Umberto Palermo.

Sebagai informasi, Andris2 Top WiFi hadir dengan dua varian utama, yakni dengan tangki kapasitas 15 liter dan 30 liter.

Ariston akan memberikan garansi tangki dan elemen pemanas seumur hidup untuk pembelian produk water heater Andris2 Top WiFi.

Itulah empat hal yang harus Anda perhatikan sebelum memasang water heater di rumah. Jangan lupa, gunakan produk water heater dari produsen berkualitas seperti Ariston. Selain aman dan praktis, pemanas air dari Ariston juga lebih efisien.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk water heater Ariston, silakan kunjungi tautan berikut.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com