Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2022, 20:24 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu sedang berencana untuk mengadopsi kucing, kucing dengan warna bulu abu-abu bisa menjadi pilihan.

Warna bulu yang cantik dan mengkilap dengan warna mata kuning keemasan menjadi daya tarik tersendiri bagi ras kucing berwarna abu-abu.

Kucing dipercaya memiliki kepribadian sesuai dengan jenis dan warna bulunya, begitu pula dengan kucing abu-abu.

Kucing dengan warna bulu abu-abu umumnya sangat cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah. Ini karena mereka suka bermain dan memiliki kepribadian penyayang.

Melansir dari Purina, Rabu (16/3/2022), berikut ini merupakan jenis ras kucing dengan bulu berwarna abu-abu.

Baca juga: Cara Membuat Kucing Mau Minum Air Lebih Banyak

Russian blue

Kucing ras Russian blue merupakan salah satu kucing dengan warna abu-abu yang cukup terkenal. Kucing ini dikenal dari warna bulunya yang abu-abu mempesona dengan rona perak dan mata hijau.

Meskipun kucing ini memiliki bulu tebal dan lebat, ternyata mereka jenis kucing hipoalergenik. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir untuk memelihara Russian blue saat kamu memiliki alergi. Ia merupakan kucing rumahan yang suka menghabiskan waktu dengan pemiliknya.

Baca juga: Kapan Harus Steril Kucing Betina Setelah Melahirkan?

Chartreux

Chartreux terlihat menawan dengan bulu abu-abu mengkilap dan mata berwarna kuning keemasan. Bulunya yang lembut menginspirasi pembuat wol untuk menamai salah satu wol lembut mereka dengan sebutan “pile de chartreux”.

Sejarah mencatat jika kucing chartreux digunakan oleh biarawan Carthusian di dekat Paris pada abad ke-18 sebagai kucing pemburu tikus. Selain nyaman dengan pemiliknya, kucing ini juga nyaman menghabiskan waktu dengan menyendiri.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kucing Peliharaan Merusak Tanaman di Kebun

Domestic shorthair

Ilustrasi kucing warna abu-abuUNSPLASH/Milada Vigerova Ilustrasi kucing warna abu-abu

Ras kucing domestic shorthair memiliki beragam warna bulu, termasuk abu-abu. Karena kucing ini merupakan ras campuran, ia tidak terlalu rentan terhadap komplikasi penyakit tertentu seperti yang dialami ras murni.

Meskipun mereka biasanya memiliki kepribadian yang santai dan suka bermain, seringkali sulit untuk mengatakan dengan tepat seperti apa kepribadian kucing abu-abu ini karena banyaknya campuran ras yang mereka miliki.

Baca juga: Benarkah Minyak VCO Dapat Mengobati Ragam Penyakit Kulit pada Kucing?

British shorthair

Sama seperti ras domestic shorthair, kucing British shorthair juga memiliki beragam warna bulu. Namun, versi paling populer memiliki mantel bulu abu-abu gelap dengan mata tembaga atau emas yang mempesona. Selama perang dunia pertama dan kedua, ras kucing abu-abu ini hampir punah di Inggris.

Tetapi untungnya, British Shorthairs yang tersisa dibiakkan dengan kucing Persia untuk mengembalikan jumlahnya.

Mereka dikenal memiliki kepribadian yang agak santai dan cukup mandiri, tetapi mereka menyukai keramaian dari anggota keluarga di rumah.

Baca juga: Kucing Peliharaan Tidak Bisa Buang Air Kecil, Apa Penyebabnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com