Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2022, 19:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tugas pembersihan menuntut untuk dilakukan sesegera mungkin ketika permukaan sudah kotor.

Misalnya ketika melihat layar televisi (TV) yang dipenuhi debu, sidik jari, dan kotoran lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam menonton. Namun, untuk membersihkan layar TV, tidak semua produk bisa digunakan.

Dilansir dari The Kitchn, Kamis (23/2/2022), sementara TV model lama dibuat dengan layar kaca yang dapat dibersihkan dengan apa pun yang membuat kaca bebas goresan, namun menggunakan bahan kimia keras pada layar LCD dapat menyebabkan kerusakan permanen karena terbuat dari jenis plastik fleksibel khusus.

 

Baca juga: Trik Mendekorasi TV di Dinding Agar Lebih Menarik

Layar TV plasma, meskipun terbuat dari kaca, juga halus dan menggunakan lap kasar atau bahkan tisu dapur juga dapat menggores layar ini. 

Akan tetapi, Anda tidak memerlukan pembersih khusus. Anda dapat membersihkan layar TV dengan barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki di rumah, salah satunya cuka putih. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Cuka putih,
  • Air sulingan,
  • Dua kain serat mikro, dan
  • Mangkuk atau baskom. 

Baca juga: 4 Trik Mengurangi Pantulan Cahaya pada Layar TV

Cara membersihkan layar TV

1. Matikan TV

Langkah pertama adalah mematikan TV terlebih dahulu. Bekerja di permukaan yang gelap akan memungkinkan Anda melihat debu, sidik jari, dan kotoran lebih jelas daripada saat TV menyala.

2. Bersihkan layar TV dengan kain mikrofiber kering

Gunakan satu kain mikrofiber untuk membersihkan permukaan layar TV Anda dengan lembut. Jangan lupa untuk membersihkan bingkai dan alasnya.

3. Buat larutan pembersih

Campurkan larutan setengah cuka putih, setengah air suling. Larutan pembersih ini efektif namun lembut. Menggunakan air suling mencegah residu air sadah membuat layar TV terlihat kotor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com