Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memindahkan Kulkas ke Rumah Baru

Kompas.com - 17/02/2022, 07:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat memutuskan untuk pindah rumah, perencanaan matang perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan semua barang dapat dipindahkan dan diangkut dengan aman dan benar.

Pada saat membuat perencanaan, sebaiknya buatlah list barang-barang mana saja yang membutuhkan perlakuan khusus seperti barang elektronik terutama kulkas.

Melansir dari Beko, Kamis (17/2/2022), berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memindahkan kulkas ke rumah yang baru.

Baca juga: 6 Cara Memindahkan Kulkas agar Tidak Rusak dan Lecet

Melakukan persiapan

Sebelum pindah, sebaiknya rencanakan kapan kamu mulai untuk mengosongkan isi kulkas mu. Sebaiknya hindari berbelanja bahan makanan yang mudah basi dan segera habiskan stok makanan di kulkas.

Bersihkan permukaan kulkas dengan menggunakan larutan soda kue dan air hangat. Jika diperlukan kamu bisa membersihkan bunga es di area freezer agar es tidak mencair dan bocor saat proses pindahan.

Setelah bunga es dicairkan dan kulkas dibersihkan, pastikan untuk memutuskan aliran listrik kulkas. Letakkan semangkuk soda kue di dalam kulkas untuk mencegah bau tak sedap di dalam kulkas dan biarkan pintu kulkas tetap terbuka untuk menghindari bau.

Baca juga: Wadah Plastik Vs Kaca, Mana Lebih Baik untuk Penyimpanan di Kulkas?

Proses pindahan

Jika kamu tidak menggunakan tenaga pindahan, sebaiknya mintalah bantuan anggota keluarga atau teman untuk membantumu memindahkan kulkas.

Untuk ukuran kulkas yang cukup besar, kamu mungkin akan membutuhkan troli dengan roda agar kulkas lebih mudah dipindahkan dan menghindari benturan.

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab Bagian Dalam Kulkas Alami Kelembapan Berlebih

Amankan pintu kulkas dengan selotip atau tali agar pintu tidak mudah terbuka saat proses pemindahan. Kamu juga bisa menutupi kulkas dengan bubble wrap atau kardus agar aman dari benturan.

Biasanya kulkas dipindahkan dalam keadaan berdiri, namun masih memungkinkan untuk memindahkannya dalam posisi miring.

Baca juga: 5 Penyebab Kulkas Berbau Tak Sedap dan Cara Mencegahnya

Proses pemasangan kembali

Setelah kulkas berhasil diletakkan kembali di dapur rumah baru, sebaiknya hindari langsung menggunakan kulkas.

Biarkan kulkas dalam posisi berdiri lurus, minal selama 4 jam agar minyak pada kompresor kembali mengendap.

Baca juga: Menyimpan Barang di Atas Kulkas, Amankah?

Setelah 4 jam, kamu bisa kembali menyambungkan kulkas pada saluran listrik. Pastikan kontrol termostat ON dan biarkan kulkas hingga suhunya mulai dingin.

Biarkan lemari es Anda beberapa saat menjadi dingin hingga mencapai suhu yang aman untuk penyimpanan makanan, yang mungkin memerlukan waktu hingga 12 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com