Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Peralatan Elektronik agar Tetap Optimal dan Tahan Lama

Kompas.com - 10/02/2022, 18:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas, microwave, dan mesin cuci merupakan peralatan elektronik yang sering digunakan untuk membantu pekerjaan rumah tangga sehari-hari. 

Lantaran sering digunakan, penting merawat ketiga peralatan ini agar tetap berfungsi baik dan memperpanjang usia penggunaannya.

Dilansir dari Mr Right, Kamis (10/2/2022), berikut tips perawatan dan pemeliharaan peralatan elektronik rumah tangga agar berumur panjang dan tahan lama. 

Baca juga: Perhatikan, Hal yang Bisa Memperpendek Usia 9 Peralatan Elektronik Ini  

Kulkas

Ilustrasi kulkas, lemari es.SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVA Ilustrasi kulkas, lemari es.
Hindari membebani kulkas dengan banyak makanan. Overloading atau beban makanan yang kelebihan bisa membuat kompresor bekerja lebih keras untuk menjaga makanan serta minuman tetap dingin dan segar. 

Pahami juga makanan mana yang harus disimpan di dalam kulkas dan tidak disimpan di dalamnya.  

Baca juga: Bolehkah Membersihkan Mesin Cuci Menggunakan Pemutih?

Mesin cuci 

Tips merawat mesin cuci adalah mencuci beban yang lebih kecil. Beban besar dapat menyebabkan kematian dini pada mesin cuci.

Selain itu, hindari mencuci karpet besar dan keset karet di mesin cuci. Lap dan bersihkan bagian dalam drum mesin cuci dengan kain lembap setidaknya seminggu sekali untuk menghilangkan segala jenis residu sabun, kotoran, serta sisa benang dari pakaian.

Setelah selesai mencuci dan mengeringkan pakaian, biarkan pintu tetap terbuka agar kelembapan menguap. 

Baca juga: Menyimpan Barang di Atas Kulkas, Amankah? 

Microwave

Ilustrasi microwave Shutterstock/goffkein.pro Ilustrasi microwave
Untuk menjaga microwave tahan lama, jangan pernah memasukkan peralatan atau wadah logam apa pun, bahkan benda dengan hiasan logam ke dalam microwave.

Selalu ingat melepaskan aluminium foil dari bahan makanan sebelum memasukkannya ke microwave untuk menghindari bahaya kebakaran.

Selain itu, hindari memanaskan makanan dan minuman yang mudah terbakar di dalam microwave untuk menghindari kebakaran atau ledakan. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Microwave Mini bagi Pemula

Hindari juga memanaskan wadah makanan tertutup atau makanan dan minuman kemasan. Selalu lepaskan segel terlebih dahulu sebelum memanaskan demi menghindari ledakan.

Saat microwave sedang digunakan, jangan tutupi bagian atasnya dan bersihkan tumpahan serta noda makanan di dalam microwave setelah digunakan untuk menghindari bau busuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com