Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Boleh Mencuci Piring dengan Deterjen? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/02/2022, 19:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci piring adalah pekerjaan pembersihan sehari-hari yang tidak boleh dilewatkan. Namun, bagaimana jika Anda kehabisan sabun cuci piring sementara piring dan peralatan makan kotor menumpuk?

Di sekitar Anda mungkin ada sabun cuci tangan, deterjen, maupun sabun batangan. Akan tetapi, apakah sabun-sabun tersebut dapat digunakan untuk mencuci piring?

Dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (4/2/2022), berikut penjelasan mengenai apakah boleh mencuci piring dengan deterjen, sabun cuci tangan, dan sabun batangan.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Mencuci Piring agar Efisien

Ilustrasi deterjen.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi deterjen.

Apakah boleh mencuci piring dengan deterjen?

Jangan pernah berpikir untuk mencuci piring dengan deterjen.

"Bukan ide yang baik untuk menggunakan deterjen untuk mencuci piring Anda," kata Lily Cameron, profesional pembersihan dan supervisor di Fantastic Services.

Deterjen cucian mengandung bahan kimia seperti pencerah, pewangi, penghilang noda, dan zat antikotoran yang mungkin tidak terbilas sepenuhnya dari piring dan mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda," tutur Cameron.

Bisakah mencuci piring dengan sabun cuci tangan?

Anda bisa menggunakan sabun cuci piring sebagai sabun cuci tangan, jadi sabun cuci tangan harus menjadi alternatif yang masuk akal untuk mencuci piring, apakah demikian?

Baca juga: 7 Tips Mencuci Piring yang Tepat agar Hemat Waktu

“Sabun cuci tangan yang paling banyak kita beli di toko adalah jenis deterjen. Ini memiliki bahan antibakteri dan antijamur yang dapat membersihkan dan mensterilkan piring Anda,” sebut Cameron.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com