Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Sederhana Menghadirkan Feng Shui Baik di Apartemen Studio

Kompas.com - 23/01/2022, 10:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di banyak kota besar dengan lahan terbatas dan harga properti tinggi, banyak orang memilih tinggal di rumah yang lebih kecil.

Mereka yang tinggal di ruang kecil seperti apartemen studio akan menemukan tantangan untuk menciptakan rumah dengan feng shui yang baik. 

Baca juga: Pro Kontra Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui, Baik atau Buruk?

Itu karena apartemen studio menyatukan dapur, ruang tamu, dan kamar tidur dalam satu ruang terbuka tanpa pemisahan yang jelas.

Berdasarkan prinsip feng shui, cara terbaik adalah memiliki kamar tidur yang terpisah dari bagian lain rumah, terutama dapur dan ruang tamu.

Alasannya, Anda akan kesulitan beristirahat ketika ada aktivitas di ruang yang tidak kondusif untuk tidur.

Jika ingin menarik energi atau feng shui positif ke apartemen studio, berikut beberapa cara mudah memperolehnya dilansir dari Feng Shui Beginner, Minggu (23/1/2022).  

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Menjamin Tidur Nyenyak dan Sehat

Declutter, declutter, dan declutter

Ilustrasi interior apartemen studio. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi interior apartemen studio.
Karena ruang di apartemen studio terbatas, disarankan membersihkan barang-barang lama (declutter) yang tidak diinginkan untuk mengosongkan ruang untuk barang-barang yang lebih penting.

Jika memiliki terlalu banyak kekacauan, itu dapat membuat penyumbatan aliran udara dan energi stagnan yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Perhatikan, 6 Tanda Rumah Memiliki Feng Shui Buruk

Prioritaskan pintu utama dan pintu masuk

Dalam feng shui, pintu depan rumah dikenal sebagai mulut Chi yang energinya masuk ke luar angkasa. Di apartemen kecil, sangat penting menjaga area ini tetap bersih dan rapi dengan pencahayaan yang baik.

Jangan letakkan sepatu, pakaian, atau benda yang tidak perlu di area ini. Anda juga harus memastikan bahwa pintu dapat terbuka sepenuhnya tanpa ada halangan di belakangnya. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah atau Apartemen  

Pentingnya kamar tidur

Kamar tidur adalah ruang untuk beristirahat dan memulihkan energi kita, jadi sangat penting memisahkannya dari area aktivitas lainnya.

Sebaiknya hindari melihat dapur, pintu utama, atau kamar mandi saat tidur. Jika memungkinkan, gunakan sekat/partisi ruangan untuk menciptakan ruang yang privat dan kondusif sehingga dapat tidur dan beristirahat lebih baik.

Selain itu, pastikan tempat tidur mempunyai sandaran kepala yang kokoh, menempatkan tempat tidur ke dinding, dan berada dalam posisi komando. 

Baca juga: Ragam Cara Memaksimalkan Balkon Apartemen agar Lebih Indah dan Nyaman 

Pilih furnitur bentuk bulat

Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah, ilustrasi meja bulatUNSPLASH/NATHAN OAKLEY Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah, ilustrasi meja bulat
Furnitur berbentuk bulat (meja makan dan meja samping tempat tidur) memakan lebih sedikit ruang dan tidak memiliki ujung yang tajam yang menciptakan panah beracun dibanding meja persegi atau persegi panjang.

Pilih dekorasi tepat untuk kamar tidur

Pilih sesuatu yang baik untuk menyambut Anda ketika pertama kali bangun pada pagi hari di kamar tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com