Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Ubin Tempel untuk Meningkatkan Dekorasi Rumah

Kompas.com - 14/01/2022, 12:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lapisan dinding dan lantai yang cantik dan menarik menjadikan ruangan di dalam rumah memiliki nuansa yang berbeda. Berbagai pelapis dinding dan lantai dapat digunakan, salah satunya adalah ubin tempel.

Jenis pelapis ini juga merupakan solusi untuk para penyewa rumah sehingga tidak memerlukan renovasi rumah secara besar-besaran. 

Melansir dari Martha Stewart, Jumat (14/1/2022), Anda dapat menggunakan ubin tempel ini untuk membuat segala sesuatu mulai dari sandaran kepala untuk tempat tidur hingga backsplash baru di dapur, dan karena mereka menempel, Anda hanya perlu sedikit waktu, uang, dan tenaga.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tumpahan Cat pada Ubin Keramik

Ilustrasi ubin, ubin tempel sebagai pelapis dinding atau lantai. PEXELS/MONSTERA Ilustrasi ubin, ubin tempel sebagai pelapis dinding atau lantai.

Di sini, para ahli menjelaskan apa yang diperlukan untuk meningkatkan rumah Anda dengan ubin tempel.

Area rumah yang paling cocok untuk ubin tempel

Menurut ahli rumah Jordan Reid, ada banyak alasan untuk memilih opsi pelapis dinding tempel ini.

"(Ubin tempel) relatif murah, mudah dipasang walaupun memakan waktu di area yang lebih besar atau bentuknya tidak beraturan, dan mereka menawarkan banyak pilihan gaya dan warna," katanya.

Anda dapat menggunakan ubin tempel untuk menambahkan beberapa warna atau minat pada ruang atau sebagai alternatif yang terjangkau untuk menutupi lantai atau dinding yang ada yang dapat menggunakan sedikit perubahan.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengatasi Tampilan Ubin yang Retak

Jenis ubin tempel yang sebaiknya dipilih

Ubin tempel memiliki berbagai bahan, seperti vinil, logam, gel, kaca, dan batu. Anda juga dapat menemukannya dalam berbagai gaya, kata Melissa Diaz, pemilik dan desainer Stunningly Staged Homes di Los Angeles.

Ini ermasuk kayu imitasi, ubin mosaik vinil, dan banyak lagi. Tetapi sebelum Anda memilih bahan atau pola, Anda harus tahu permukaan apa yang harus dilapisi dengan ubin tempel ini. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com