Kompas.com - 10/01/2022, 08:30 WIB
Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna kuning, karpet di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi kamar tidur dengan nuansa warna kuning, karpet di kamar tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur adalah tempat yang seharusnya menenangkan dan nyaman untuk tidur dan beristirahat. Warna cat dinding kamar tidur pun berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (10/1/2022), saat memutuskan ide warna kamar tidur, mengikuti tren warna saat ini dengan mudah, termasuk kuning dan krem. Akan tetapi, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa beberapa warna lebih baik tidak dipilih untuk dinding kamar tidur.

Studi yang dilakukan oleh Sleep Junkie tersebut mensurvei lebih dari 1.000 orang warna Amerika Serikat untuk menemukan bahwa kuning, cokelat, dan krem adalah tiga warna terburuk untuk kamar tidur.

Baca juga: Tips Meletakkan Tanaman Hias di Kamar Tidur Tanpa Hama

 

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Marilyn huang Ilustrasi kamar tidur

Namun, terlepas dari penempatannya, krem adalah warna dinding paling populer kedua di antara responden. Namun, mengapa kita harus menghindari warna-warna ini?

"Ketika berbicara tentang lingkungan tidur kita, warna dapat memainkan peran dalam seberapa terstimulasinya kita dan bagaimana perasaan kita saat mematikan lampu untuk tidur," kata psikolog dan konsultan kesejahteraan Lee Chambers.

Chambers menjelaskan, meskipun warna kuning memiliki makna ceria, warna ini sama intensnya dan merangsang kreativitas saat Anda mencoba untuk beristirahat.

Lee menambahkan, kontak yang terlalu lama dengan warna-warna ini dapat menciptakan perasaan iritasi dan kecemasan.

Baca juga: Tren Warna Dinding Kamar Tidur 2022, Warna Netral Masih Populer

"Ini dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur, membuat Anda merasa kurang semangat di pagi hari," sebut Chambers.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa ungu dan biru sebagai warna yang membuat tidur malam paling nyenyak. Hanya 12 persen responden yang memiliki kamar tidur dengan dinding ungu memiliki tidur malam yang buruk.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.