Kompas.com - 02/01/2022, 18:13 WIB
Ilustrasi kucing - Kucing sedang bermain dengan gulungan benang. SHUTTERSTOCK / Maria MorozIlustrasi kucing - Kucing sedang bermain dengan gulungan benang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Gulungan benang dianggap sebagai mainan paling tepat untuk diberikan kepada kucing. Kucing terlihat senang ketika bermain dengan gulungan benang.

Gulungan benang akan dimainkan kucing hingga benang menjuntai ke segala arah dan setiap sudut rumah—hal inilah yang membuat kucing merasa senang.

Baca juga: Tips Memilih Ras Kucing yang Cocok Dipelihara Berdasarkan Zodiak

Cuteness melaporkan, Minggu (2/1/20222), kucing senang bermain dengan mainan yang menciptakan gerakan tidak menentu, salah satunya benang. 

Lantas, apa yang membuat kucing senang bermain benang? Berikut ini sejumlah alasannya. 

Naluri alamiah kucing

Ilustrasi kucing - Kucing sedang bermain dengan gulungan benang.SHUTTERSTOCK / AnnyStudio Ilustrasi kucing - Kucing sedang bermain dengan gulungan benang.
Secara alamiah, kucing memiliki insting berburu. Kegiatan bermain di rumah merupakan cara kucing untuk meniru kegiatan berburu.

Pada 2013, sebuah studi dari Nature Communications mengatakan, kucing liar dan domestik yang dibiarkan berkeliaran bebas di luar dapat membunuh 1,3-4 miliar burung. Kucing juga membunuh 6,3-22,3 miliar mamalia setiap tahunnya. 

Para peneliti mengungkapkan, kucing yang hidup bebas kemungkinan merupakan satu-satunya sumber kematian antropogenik terbesar bagi burung dan mamalia di Amerika Serikat (AS). 

Baca juga: Hati-hati, Kucing Bisa Ilfil dan Judes Saat Pemiliknya Sering di Rumah

Stimulasi insting berburu

Kucing rumahan membutuhkan stimulasi terhadap insting berburu mereka. Walhasil, kucing rumahan bermain dengan mainan seperti tongkat bulu, tikus yang dapat berputar di lantai, atau laser. 

Biasanya, induk kucing mengajarkan anak-anaknya untuk berburu dengan mengizinkan mereka bermain dengan ekornya.

Sementara itu, di alam liar, induk kucing akan pergi berburu binatang kecil seperti tikus untuk dibawa pulang kepada anak-anaknya.

Baca juga: Kenali, Ini Penyebab dan Tanda Kecemasan pada Kucing

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.