Kompas.com - 02/01/2022, 13:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Diserang oleh sesuatu yang tidak dapat Anda lihat adalah mimpi buruk, tetapi kami tidak berbicara tentang hantu.

Tungau laba-laba atau spider mites, yang tidak selalu terlihat dengan mata telanjang, dapat meluncurkan serangan cepat terhadap pohon, semak, bunga, buah, sayuran kebun, dan tanaman rumah Anda.

Karena spirder mites tidak terlihat, tidak mudah untuk menyingkirkannya. Tetapi Anda dapat melawannya dengan metode pengendalian biologis, pengobatan alami rumahan, atau pestisida kimia.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut cara menyingkirkan spider mites dari pekarangan, kebun, atau tanaman Anda di rumah melansir dari Lawnstarter pada Minggu, (02/01/2022).

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Membasmi Hama Tanaman dan Cara Membuatnya

Apa itu spider mites atau tungau laba-laba?

Ilustrasi hama tungau laba-laba pada tanaman. SHUTTERSTOCK/CATHERINE ECKERT Ilustrasi hama tungau laba-laba pada tanaman.

Tungau laba-laba adalah arakhnida kecil, bukan serangga. Mereka seukuran sebutir gula sehingga makhluk berbentuk oval berkaki delapan ini sulit dikenali dan dilihat tanpa bantuan mikroskop atau kaca pembesar.

Tungau laba-laba datang dalam beberapa varietas. Ada tungau laba-laba merah Selatan, tungau laba-laba merah tua, tungau laba-laba stroberi, tungau laba-laba cemara. Yang paling umum dari semuanya adalah tungau laba-laba berbintik dua.

Ini merupakan tungau laba-laba berwarna oranye kekuningan dengan satu bintik hitam di kedua sisi tubuhnya, tungau ini hidup bersama dalam koloni. Mereka menempel di bagian bawah daun dan memakan klorofil tanaman.

Tungau laba-laba, meskipun tidak berbahaya bagi manusia tetapi berpotensi mematikan bagi kehidupan tanaman. Meskipun siklus hidupnya pendek, mereka bereproduksi dengan cepat.

Pada usia 5 hari, betina mulai bertelur, menyimpan beberapa ratus telur selama hidupnya. Telur-telur ini hanya membutuhkan waktu sekitar 72 jam untuk menetas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.