Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2022, 16:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu barang esensial yang tidak pernah terlewat untuk dibawa para pelancong adalah pakaian, baik bepergi menggunakan ransel maupun koper

Sayangnya, tidak bisa dihindari bahwa pakaian yang dikemas di dalam koper akan kusut saat dikeluarkan di tempat tujuan.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada sejumlah tips mengemas pakaian di koper agar tidak kusut seperti lansir dari Lifehack Solution, Minggu (2/1/2022):

Baca juga: Jangan Dilakukan, 6 Mitos Mencuci Pakaian Ini Justru Merusak Baju

Bawa pakaian yang tidak mudah kusut

Ilustrasi koper, ilustrasi pakaian, ilustrasi baju - Pakaian yang sudah dilipat dimasukkan ke dalam koper.SHUTTERSTOCK / LStockStudio Ilustrasi koper, ilustrasi pakaian, ilustrasi baju - Pakaian yang sudah dilipat dimasukkan ke dalam koper.

Jika tidak ingin menyetrika pakaian setelah dikeluarkan dari koper, bawalah pakaian dengan material yang tidak mudah kusut seperti satin, polyester, dan nylon.

Sementara kain yang mudah kusut adalah katun rayon, kaos, serta spandeks. Namun, perlu dicatat bahwa bahan-bahan di atas tetap harus disesuaikan dengan iklim cuaca di tempat yang hendak dituju.

Baca juga: 5 Manfaat Setrika Selain Merapikan Pakaian 

Setrika dengan teknik khusus

Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menyetrika pakaian dengan teknik khusus sebelum dikemas ke dalam koper.

Caranya, semprot pakaian dengan air pada bagian lengan, kerah, dan pergelangan tangan jika pakaiannya berlengan panjang.

Kemudian, kaitkan seluruh kancing pada pakaian. Setrika pakaian dengan cara mengarahkan titik panas pada setrikaan ke depan dan belakang. 

Baca juga: Cara Efektif Menyetrika Pakaian agar Cepat Rapi dan Bebas Kusut

Pakai kertas tisu dan tempat pengemasan

Ilustrasi setrika, menggunakan setrika. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi setrika, menggunakan setrika.

Faktor yang membuat pakaian kusut adalah  adanya gesekan dengan benda dan pakaian lain dalam koper.

Untuk mengatasinya, gunakan kertas tisu untuk membungkus pakaian yang telah disetrika dan dilipat sebelum ditaruh dalam koper.

Barang lain yang bisa digunakan adalah tempat pengemasan berbahan kaku khusus untuk pakaian supaya tidak bergesekan dengan barang-barang lain.

Baca juga: 8 Cara Merapikan Pakaian Kusut Tanpa Disetrika

Jangan gulung pakaian

Salah satu trik memaksimalkan ruang pada koper adalah menggulung pakaian. Namun, metode ini ternyata membuat pakaian kusut.

Sebaiknya, hindari langsung melipat pakaian setelah disetrika. Gantung pakaian terlebih dulu untuk memastikan pakaian sudah benar-benar disetrika. Langkah ini juga dapat mengurangi kusut sebelum kamu melipatnya.

Setelah itu, lipat sisi kiri dan kanan pakaian ke dalam. Sesuaikan dengan panjang lengan, lipat bagian kanan ke arah tengah sesuai dengan panjang lengan, serta tumpuk lipatan bagian kiri dengan langkah yang sama. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com