Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Aquascape untuk Ikan dan Air di Akuarium

Kompas.com - 30/12/2021, 16:56 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu memiliki akuarium di rumah, tak ada salahnya untuk mengisi akuariummu dengan beberapa tanaman air. Banyak jenis tanaman air yang bisa kamu tanaman seperti jenis pakis, anubias nana dan amazon sword.

Tanaman air tak hanya menambah daya tarik secara visual, namun juga sangat bermanfaat bagi keseimbangan ekosistem air di akuarium.

Melansir dari Aquarium Info, Kamis (30/12/2021), berikut ini adalah manfaat menanam tanaman air dengan teknik aquascape untuk air dan ikan di akuarium.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Akuarium Ikan Cupang?

Mengurangi jumlah alga

Pertumbuhan alga di akuarium sangat cepat dan sangat menjengkelkan. Beberapa jenis tanaman memiliki kebutuhan nutrisi yang sama dengan yang dibutuhkan oleh alga. Seperti besi, nitrat dan potassium.

Pastikan untuk menanam tanaman yang juga tumbuh dengan cepat seperti tanaman batang. Jika kamu menanam anubias nana sebagai tanaman pengontrol alga, ia mungkin akan kekurangan nutrisi karena pertumbuhannya lambat.

Baca juga: Ragam Masalah yang Kerap Terjadi Saat Memelihara Ikan di Akuarium

Aerasi air

Tanaman air di akuarium memiliki manfaat tambahan untuk mengoksidasi air. Sama seperti tanaman yang di tanam di tanah, tanaman air melakukan fotosintesis dan melepaskan oksigen ke air.

Pada saat yang sama tanaman mengkonsumsi karbondioksida yang dihembuskan dari ikan. Pompa dapat sangat berguna jika kamu memiliki akuarium berukuran besar, namun jika ingin melakukan aerasi secara alami gunakan tanaman air.

Baca juga: 5 Ikan Cupang Berekor Indah untuk Mempercantik Akuarium

Merekonstruksi habitat alami

Ikan yang dipelihara di dalam akuarium seringkali merupakan ikan air tawar yang habitat hidupnya di sungai atau aliran air alami.

Kamu bisa menciptakan habitat alami ikan di dalam akuarium dengan menambahkan tanaman hias yang hidup di habitat asli mereka.

Baca juga: Ingin Memelihara Ikan di Akuarium? Jangan Lakukan 3 Hal Ini

Sebagai tempat bernaung dan bersembunyi ikan

Dua ekor ikan berenang di akuarium aquascape.PIXABAY/REGINAWOELK Dua ekor ikan berenang di akuarium aquascape.

Beberapa jenis ikan bisa menjadi sangat teritorial dan lebih agresif dari yang lain. Dengan membangun landscape di dalam akuarium, kamu bisa menyediakan tempat berlindung bagi ikan lain agar ia tidak stres. Selain itu ikan-ikan juga memanfaatkan tanaman air sebagai tempat untuk bertelur.

Baca juga: 7 Penyebab Akuarium Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Menahan substrat

Substrat adalah media yang digunakan di akuarium sebagai media tanam untuk tanaman air. Ada berbagai jenis substrat seperti kayu, batu, pasir dan tanah.

Substrat tak hanya sebagai penyedia nutrisi bagi tanaman, namun juga menjadikan tampilan akuarium menjadi cantik.

Tanaman dengan sistem perakaran yang baik akan menahan substrat pada tempatnya dan terhindar dari kerusakan akibat ikan yang agresif atau filter air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com