Kompas.com - 08/12/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi ikan cupang. UNSPLASH/WORACHAT SODSRIIlustrasi ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com- Ikan cupang atau betta fish adalah jenis ikan yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Brunei Darussalam. Ikan cupang dikelompokkan ke dalam 3 jenis yaitu cupang liar, cupang hias dan cupang aduan.

Ikan ini populer di kalangan penggemar ikan hias karena memiliki warna dan bentuk ekor yang sangat cantik.

Selain itu, jenis ikan ini dapat bertahan hidup dengan baik, ia akan tetap hidup meskipun ditempatkan di wadah kecil tanpa aerator.

Melansir dari Modest Fish, Rabu (8/12/2021), berikut ini adalah jenis ikan cupang dengan ciri dan karakteristiknya masing-masing.

Baca juga: 6 Penyakit yang Biasa Menyerang Ikan Cupang

Ikan cupang veiltail

Jenis cupang memiliki sirip yang panjang dengan ujung ekor mengarah kebawah meskipun saat ia sedang mengepakkan ekornya.

Pola dan warna yang umum terdapat pada sisik ikan ialah belang, sisik naga dengan perpaduan 2 warna. Meskipun cupang populer dengan sifatnya yang agresif, jenis cupang ini terkenal kurang agresif.

Baca juga: Tidak Selalu Bertengkar, Ini 5 Alasan Ikan Cupang Melebarkan Siripnya

Ikan cupang crown tail

Di Indonesia jenis ikan cupang crown tail dikenal juga dengan ikan cupang serit. Sirip dan ekornya membentuk kurus memanjang seperti sisir.

Tidak seperti veiltail, cupang jenis crowntail dikenal lebih agresif. Jenis ekornya yang berbentuk seperti paku-paku akan terlihat sangat indah saat ia berenang.

Baca juga: 6 Makanan Segar Terbaik untuk Ikan Cupang, Apa Saja?

Ikan cupang Halfmoon

Ikan jantan akan menunjukkan janggut yang lebar ketika ngedok, sementara ikan betina lebih kecil.SHUTTERSTOCK/STOCK4289 Ikan jantan akan menunjukkan janggut yang lebar ketika ngedok, sementara ikan betina lebih kecil.

Ciri-ciri umum yang terdapat pada jenis cupang halfmoon adalah sirip dan ekor yang berukuran besar dan membentuk setengah lingkaran seperti bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.