Kompas.com - 08/12/2021, 19:42 WIB
Ilustrasi tanaman Pilea atau Chinese money plant. SHUTTERSTOCK/PATRYCJA NOWAKIlustrasi tanaman Pilea atau Chinese money plant.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman tidak hanya memberikan nuansa segar dan hijau ke rumah, dalam vastu shastra (ilmu arsitektur tradisional Hindu) dan feng shui, tanaman juga dapat mempengaruhi kesehatan dan kemakmuran penghuni rumah.

Melansir dari Livspace, Rabu (8/12/2021), berikut beberapa tanaman yang dapat mendorong kesehatan dan kemakmuran di rumah menurut vastu shastra dan feng shui. 

Baca juga: Cara Tepat Menyiram Tanaman Kaktus dan Sukulen agar Tidak Mati 

Holy basil

Ilustrasi tanaman Holy Basil atau Ruku-ruku. PIXABAY/MAITE RAMOS ORTIZ Ilustrasi tanaman Holy Basil atau Ruku-ruku.
Tanaman holy basil dipercaya dapat memberikan kesehatan di dalam rumah. Jika kebanyakan tanaman hanya bisa mengeluarkan oksigen pada siang hari, holy basil bisa melepaskan pasokan oksigen yang stabil sepanjang siang dan malam.

Tak heran, jika tanaman holy basil dianggap memiliki energi positif dan dapat memperbaiki kesehatan di rumah. Anda bisa meletakkan tanaman holy basil di arah area utara, timur, atau timur laut di dalam rumah.  

Baca juga: Panduan Memajang Foto Keluarga di Rumah Menurut Feng Shui 

Tanaman bambu

Tanaman dan pohon bambu adalah pertanda keberuntungan dan kedamaian. Ketenaran serta kekayaan juga dikaitkan dengan tanaman bambu.

Pilih tanaman bambu dengan kulit kayu berwarna kuning daripada yangg lebih gelap. Kemudian, tempatkan bambu di sudut timur atau tenggara. 

Money plant

Pilea Peperomioides.Patrycja Nowak/SHUTTERSTOCK Pilea Peperomioides.
Money plant dapat membawa kekayaan dan kemakmuran di rumah. Tak heran, banyak rumah yang memiliki satu hingga dua tanaman money plant di rumah mereka. 

Baca juga: Ada Jamur di Tanah Tanaman Hias, Apa Artinya? 

Tanaman mimba 

Kehadiran pohon mimba di rumah menghasilkan hal positif dan kebahagiaan di rumah. Tanaman mimba tidak hanya memenuhi syarat sebagai tanaman yang menguntungkan, tetapi juga memiliki khasiat obat.  

Tanaman dan pohon yang tidak menguntungkan

Sementara tanaman dan pohon yang disebutkan di atas adalah dapat membawa kesehatan dan keberuntungan di rumah. 

Ada juga sebagian tanaman yang kurang baik dimiliki di rumah atau tidak menguntungkan menurut vastu shastra dan feng shui seperti berikut ini. 

Baca juga: Cara Mengatasi Tanaman yang Rusak akibat Hujan Lebat

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Livespace
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.