Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 14:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, tanaman hias yang dirawat di rumah juga bisa mengalami stres, termasuk tanaman aglonema.

Stres yang dialami tanaman aglonema tentu menghambat perrtumbuhannya. Tanaman aglonema yang stres dapat dilihat dari tampilannya.

Dikutip dari channel YouTube Hobi Bunga, Selasa (7/12/2021), berikut ciri-ciri tanaman aglonema stres

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Anakan Aglonema yang Lambat Tumbuh dan Besar

Daun mudanya mengecil

Ciri-ciri paling umum yang dialami aglonema stres adalah bentuk daun mudanya mengecil dibanding daun sebelumnya. Namun, bukan berarti setiap daun muda yang mengecil itu pasti menandakan aglonema stres.

Terkadang, daun muda yang mengecil bisa karena berbarengan dengan keluarnya bunga atau sedang mengeluarkan banyak tunas.

Selain itu, jarak tumbuh antara daun muda dan calon daun muda selanjutnya berjauhan. Jadi, apabila aglonema mengalami hal demikian, tanaman sedang stres. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Pertumbuhannya sangat lambat

Cara merawat aglonema terbilang mudah. Bagi pemula, tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema commutatum ini juga cocok sebagai tanaman pertama karena perawatannya yang rendah dan tidak mudah mati.SHUTTERSTOCK/IWAN WIDIYATNO Cara merawat aglonema terbilang mudah. Bagi pemula, tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema commutatum ini juga cocok sebagai tanaman pertama karena perawatannya yang rendah dan tidak mudah mati.
Ciri-ciri aglonema stres selanjutnya adalah pertumbuhannya sangat melambat, terutama pada bagian daun.

Seperti dijelaskan sebelumnya, aglonema yang stres akan menyebabkan jarak tumbuh antara daun muda dan calon daun muda selanjutnya menjadi jauh.

Kalau jarak tumbuh ini lebih dari satu minggu, artinya tanaman aglonema tres karena aglonema yang subur itu normalnya akan memunculkan calon daun muda baru sebelum daun mudanya mekar sempurna. 

Baca juga: Banyak Manfaat, Gunakan Air Kelapa untuk Menyiram Aglonema

Daunnya mudah menguning

Tanaman aglonema yang sedang stres cenderung menyebabkan daunnya mudah menguning. Saat stres, biasanya bagian bawah daun aglonema akan menguning.

Selain itu, ketika daun barunya keluar, bagian bawah daunnya itu biasanya juga akan ikut menguning. 

Baca juga: 5 Tips Penyiraman dan Perawatan Aglonema agar Semakin Subur

Efek dari aglonema yang stres

Apabila aglonema stres dan terus dibiarkan, hal ini lama-kelamaan iaan membuat aglonema menjadi kerdil serta daunnya mengecil. Jadi, daun mudanya akan terus kecil dan tidak subur.

Efek paling berbahaya dari aglonema stres adalah membuat tanaman mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com