Kompas.com - 05/12/2021, 15:17 WIB
Ilustrasi kucing sakit. UNSPLASH/FRANCESCO UNGAROIlustrasi kucing sakit.

JAKARTA, KOMPAS.com- Sama seperti manusia, kucing memiliki alergi pada beberapa benda yang mereka makan, sentuh ataupun hirup.

Gejala alergi pada kucing juga memiliki kemiripan dengan alergi yang dialami manusia loh! Seperti bersin-bersin, mata gatal berair, muntah dan lainnya.

Saat kucing mengalami alergi tak hanya mempengaruhi fisiknya, hal ini juga membuat kucing menjadi lebih pendiam dan tidak berperilaku seperti biasanya.

Melansir dari Pets Web MD, Minggu (5/12/2021), ada beberapa jenis alergi yang umum dialami oleh kucing; lingkungan, kutu, makanan dan alergi musiman.

Baca juga: Tampak Sepele, Jangan Abaikan 4 Hal Ini pada Kucing dan Anjing

Alergi pada lingkungan

Lingkungan tempat tinggal kucing dapat menjadi salah satu penyebab kucing mengalami alergi.

Pada lingkungan lembab misalnya, kucing dapat mengalami alergi pada jamur. Selain itu kucing juga dapat mengalami alergi akibat serbuk sari, rumput, parfum dan rokok.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan Masalah Pencernaan pada Kucing

Alergi kutu

Tidak semua kucing mengalami alergi pada kutu, namun untuk kucing yang memiliki alergi ini tentu sangat menyiksa saat kutu mulai menggigit kulit mereka.

Air liur yang ditinggalkan kutu saat mereka menggigit kucing dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan agar kucing terhindar dari masalah kutu.

Baca juga: 8 Hal yang Menyebabkan Anak Kucing Hiperaktif

Alergi makanan

Kamu tentu tidak menyangka kalau kucing bisa mengalami alergi makanan, namun alergi ini tentu tidak dialami semua kucing.

Ada beberapa jenis makanan yang memicu alergi pada kucing seperti telur, susu, tuna bahkan ayam. Alergi pada makanan dapat menyebabkan kucing muntah dan mengalami diare.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing yang Suka Memindahkan Anaknya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.