Kompas.com - 02/12/2021, 19:14 WIB
Ilustrasi seprai. PIXABAY/ERIKA WITTLIEBIlustrasi seprai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai yang telah lama digunakan tentu membuat tampilannya terlihat kusam, warnanya memudar, serta tidak menarik. 

Hal ini tentu membuat enggan menggunakan seprai lama, lalu menyingkirkan, dan menggantinya dengan seprai baru. 

Baca juga: Tips Mencuci Seprai dan Waktu Terbaik Membersihkannya

Namun, daripada menyingkirkannya begitu saja, sebetulnya seprai lama masih bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. 

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (2/12/2021), berikut ide memanfaatkan seprai lama yang sudah tidak terpakai. 

Baca juga: Hindari, Ini 4 Kesalahan Umum Saat Mencuci Seprai

Ubah menjadi tas belanja yang ramah lingkungan 

Seprai lama yang sudah usang mungkin tidak ideal untuk dipakai tidur lagi. Namun, selama kainnya masih bagus dan tidak terlalu compang-camping, kamu dapat mengubahnya menjadi tas belanja yang ramah lingkungan dengan berbagai ukuran.

Buat jadi serbet kain

Berapa banyak tisu kertas yang kamu gunakan setiap minggu di rumah? Daripada menggunakan tisu kertas, coba memanfaatkan seprai lama untuk menjadi serbet kain yang bisa digunakan kembali. 

Cara ini dapat menyelamatkan beberapa pohon dan keberlangsungan lingkungan hidup.

Baca juga: 6 Alasan Sebaiknya Tidak Tidur di Kasur Tanpa Menggunakan Seprai 

Apalagi, menurut Napa Recycling and Waste Services, tisu kertas tidak dapat didaur ulang karena lemak makanan yang mencemari proses daur ulang dan serat yang terlalu kecil untuk dibuat menjadi kertas baru.

Jadikan sebagai alas saat mengecat rumah 

Biasanya orang menggunakan koran untuk menjadi alas saat mengeat rumah. Namun, bila tidak ada koran, kamu bisa menggunakan seprai lama yang sudah lusuh untuk menjadi alas cat. 

Seprai bekas berukuran queen atau king akan sempurna menutupi permukaan lantai luas serta melindungi lantai dari tetesan cat. 

Baca juga: Cara Melembutkan Seprai yang Terasa Kasar dan Kaku

Perlindungan tanaman

Tanaman bisa sensitif terhadap penurunan suhu dan kondisi dingin. Jadi, jangan biarkan semua benih yang ditanam susah payah mati pada cuaca yang dingin.

Sebagai langkah perlindungan, gunakan seprai lama yang tak terpakai untuk menutupi tanaman dan biarkan tanaman tetap terisolasi semalaman.

Kehangatan yang disediakan seprai harusnya cukup untuk tanaman menahan dingin dari perubahan cuaca yang tiba-tiba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.