Kompas.com - 02/12/2021, 18:37 WIB
Ilustrasi dinding berjamur, jamur pada dinding rumah. SHUTTERSTOCK/BURDUN ILIYAIlustrasi dinding berjamur, jamur pada dinding rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan konstruksi bangunan lainnya, plafon atau langit-langit rumah bisa mengalami berbagai masalah yang tak pernah diinginkan, salah satunya terkena jamur.

Munculnya jamur pada plafon rumah tentunya membuat plafon tidak menarik dipandang dan berdampak buruk bagi kesehatan. Keberadaan jamur pada plafon rumah tentu bukan tanpa alasan.  

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (2/12/2021), berikut ini beberapa hal yang menyebabkan plafon rumah berjamur. 

Baca juga: 5 Ide Membuat Halaman Belakang Rumah Jadi Lebih Menarik dan Nyaman

Paparan air dan sirkulasi udara kurang baik

Tanpa pernah disadari, ada beragam hal yang bisa menyebabkan plafon rumah berjamur, dua di antaranya yang paling sering adalah paparan langsung air akibat kebocoran dan sirkulasi udara kurang baik.

Plafon rumah yang berjamur akibat kebocoran memiliki beberapa tanda seperti jamur hanya tumbuh di area tertentu, titik mula jamur dapat terlihat jelas, jamur tumbuh dengan pola melingkar, dan plafon berubah menjadi kecokelatan atau kekuningan. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Kecil dengan Plafon Rendah agar Tampak Nyaman

Paparan air akibat kebocoran ini akan menghasilkan tetesan air secara konsisten pada satu titik tertentu. Bila dibiarkan terus-menerus, spora jamur yang menempel mulai tumbuh pada area sumber bocoran terjatuh.

Sementara itu, plafon berjamur yang disebabkan sirkulasi udara yang buruk ditandai dengan beberapa hal, di antaranya populasi jamur hanya berada di bagian pinggir plafon, warna plafon berubah menjadi keabuan, serta pertumbuhan jamur kadang merambat ke dinding. 

Baca juga: Simak, Begini Cara Aman Membersihkan Plafon Rumah

Minimnya cahaya alami 

Penyebab plafon rumah berjamur selanjutnya adalah minimnya cahaya alami. Kebanyakan jamur akan tumbuh pada kondisi kurang cahaya atau remang-remang. Jadi, pastikan rumah mendapat cahaya yang cukup, terlebih cahaya alami. 

Ventilasi yang kurang

Selain minimnya cahaya, rumah dengan ventilasi yang kurang juga bisa menjadi penyebab plafon rumah berjamur. 

Jadi, udara panas maupun dingin yang terjebak dalam rumah dapat memicu pengembunan yang bisa menyebabkan plafon rumah berjamur. 

Baca juga: Plafon Rumah Bocor? Ini yang Harus Dilakukan

Usia

Faktor lain menyebabkan plafon rumah berjamur adalah usia. Ada beberapa ciri-ciri yang diperlihatkan plafon yang berjamur akibat faktor usia. 

Mulai dari, populasi jamur paling banyak tumbuh pada bagian pinggir plafon, jamur lebih banyak terlihat di lantai atas apabila bangunan rumah bertingkat, hingga warna plafon berubah menjadi keabu-abuan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.