Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Bathtub

Kompas.com - 12/11/2021, 21:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi sebagian orang, bak mandi atau bathub hanyalah ruang untuk membersihkan tubuh, tetapi bagi yang lain, bak mandi merupakan ruang utama untuk relaksasi dan meditasi.

Jika Anda siap untuk membeli bak mandi baru, luangkan waktu untuk melakukan riset sebelum membelinya sehingga Anda dapat membawa pulang jenis bak mandi yang tepat yang akan membuat Anda benar-benar menikmati momen berendam.

Pertimbangkan tidak hanya ukuran dan gaya bak mandi, tetapi juga berat, bahan, metode pemasangan, biaya pemasangan, dan apakah Anda menginginkan fitur khusus.

Ketika Anda merasa telah menemukan bak mandi yang tepat, pastikan untuk mencobanya sebelum membelinya agar Anda tahu nyaman atau tidaknya bagi tubuh Anda. Melansir dari Hunker pada Jumat (12/11/2021), berikut ini 5 pertimbangan sebelum membeli bathup.

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Mandi yang Kotor dan Berlendir

Bentuk bathup

Jenis bentuk bak mandi yang Anda pilih akan mempengaruhi bagaimana Anda dapat meregangkan tubuh Anda saat berendam, bagaimana itu akan masuk ke kamar mandi Anda, berapa banyak dukungan yang diberikannya, dan apakah itu akan nyaman untuk lebih dari satu orang (dengan asumsi itu cukup besar menampung lebih dari satu orang).

Penting untuk dicatat bahwa bentuknya umumnya mengacu pada bentuk eksterior bak mandi itu sendiri dan bukan dek di sekitarnya (dikenal sebagai surround) atau area perendaman bagian dalam, meskipun untuk beberapa bak, baskom bagian dalam berukuran sama dengan bagian luarnya

Baca juga: 8 Permasalahan Kamar Mandi Kecil dan Solusinya

Ukuran bak mandi secara umum

Ukuran bak mandi yang paling umum adalah panjang 60 inci kali lebar 30 inci. Bak standar memungkinkan diis dengan 12-14 inci air sebelum air mencapai saluran pembuangan.

Bak mandi apa pun yang diisi dengan lebih dari 14 inci air, memungkinkan seluruh tubuh orang dewasa rata-rata tertutup air dikenal sebagai bak perendaman.

Sebagian besar bak perendaman lebih panjang dan lebih lebar dari bak standar, dan banyak yang dapat memuat dua orang dewasa dengan nyaman.

Saat menentukan bak mandi yang tepat untuk merombak kamar mandi Anda, pertimbangkan tidak hanya kemungkinan ruang yang akan ditempati bak mandi tetapi juga ukuran pintu Anda untuk memastikan Anda benar-benar bisa memasukkan bak mandi ke kamar mandi Anda.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Cacing Muncul di Kamar Mandi

Bahan yang digunakan

Ilustrasi kamar mandiUnsplash/SCREEN POST Ilustrasi kamar mandi

Pilihan bahan bak mandi Anda mempengaruhi berat bak mandi, harga, daya tahannya, dan seberapa mudah membersihkannya. Bahan bak mandi yang paling umum adalah fiberglass dan akrilik.

Fiberglass ringan, mudah dibersihkan, dan murah, tetapi tidak tahan lama dan rentan terhadap goresan, retak, dan perubahan warna.

Masa pakai bak fiberglass hanya sekitar 10 hingga 15 tahun. Sementara bak fiberglass mungkin beratnya hanya 50 pon, sebagian besar antara 60 dan 70 pon.

Saat memilih bahan bak mandi Anda, ingatlah bahwa bak mandi bisa berat, terutama yang terbuat dari besi tuang atau batu, dan setiap galon air akan menambah 8,3 pon ekstra ke bak mandi Anda saat diisi.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur di Kamar Mandi dengan Pemutih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com