Kompas.com - 21/10/2021, 20:53 WIB
Ilustrasi mixer. Dok. Shutterstock/focal pointIlustrasi mixer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang gemar membuat kue dan roti di rumah, stand mixer menjadi salah satu peralatan elektronik dapur yang penting. 

Stand mixer berguna mengaduk dan mencampur seluruh bahan adonan untuk membuat kue atau roti. Untuk itu, penting menjaga stand mixer agar tetap berfungsi maksimal dan tahan lama. 

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (21/10/2021), berikut beberapa tips menjaga stand mixer tetap bagus dan tahan lama. 

Baca juga: Bersihkan Mixer dengan Cara Ini agar Lebih Tahan Lama

Beri jeda saat digunakan

Untuk stand mixer bisa bertahan lama, pastikan tidak menggunakannya terlalu lama. Jika digunakan terlalu lama tanpa jeda, motor penggerak stand mixer akan panas dan bisa mengakibatkan lilitan motor listrik terbakar.

Ketika mengolah adonan dalam jumlah banyak dan waktu lama, usahakan beri jeda sekitar 15 menit untuk mendinginkan mesin serta memulihkan tenaga stand mixer.

Jika stand mixer tidak sedang digunakan, sebaiknya cabut kabel stekernya dari stopkontak. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Mixer

Langsung bersihkan setelah digunakan

Setelah selesai menggunakan stand mixer, pastikan segera membersihkan semua bagian stand mixer dan jangan pernah menundanya.

Sebelum membersihkannya, putuskan aliran listrik terlebih dahulu dan jangan basahi elemen yang berhubungan dengan listrik. Bersihkan bodi stand mixer dengan kain lembap dan lembut.

Untuk alat pemutar adonannya bisa kamu bersihkan dengan air sabun pencuci piring agar aroma adonan hilang. Pastikan seluruh komponen dan peralatan stand mixer telah bersih dari sisa-sisa adonan yang menempel.

Bersihkan stand mixer hingga ke bagian terkecil, termasuk lubang di bagian pengaduk. 

Baca juga: Simak, Ini Tips Mudah dan Cepat Membersihkan Oven

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.