Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Kayu Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pupuk Cair, Ini Cara Membuatnya

Kompas.com - 15/10/2021, 16:14 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit orang menganggap bahwa abu kayu sisa dari pembakaran sebagai material tak berguna dan berbahaya ketika terhirup.

Namun, tahukah kamu bahwa abu kayu bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, termasuk pupuk cair

Baca juga: Abu Kayu Bisa Jadi Pupuk Organik, Ini Manfaatnya untuk Tanaman

Abu kayu diketahui telah sejak lama digunakan sebagai pupuk karena mengandung berbagai macam mineral, tapi tidak mengandung senyawa nitrogen.

Dikutip dari kanal YouTube Channel Nya Kang Japra, Jumat (15/10/2021), berikut ini cara membuat pupuk cair menggunakan abu kayu dan cara mengaplikasikannya. 

Baca juga: Manfaat Abu Kayu Sebagai Media Tanam dan Cara Menggunakannya

Ayak abu kayu

Ketika abu kayu sudah terkumpul, langkah pertama adalah mengayak abu kayu tersebut untuk memisahkan abu kayu dengan material lainnya dan sampah-sampah dari sisa pembakaran.

Perlu diketahui, abu kayu mengandung kalsium karbonat, kalium, fosfor, dan kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tanaman.

Jadi, abu kayu dapat membuat tanaman mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang tanaman. 

Baca juga: Manfaat Abu untuk Tanaman, Kendalikan Hama hingga Naikkan pH Tanah

Masukkan abu kayu ke ember

Setelah itu, siapkan wadah berupa ember atau sejenisnya. Masukkan abu kayu yang sudah diayak ke ember hingga memenuhi seperempat volume dari ember.

Masukkan air

Langkah selanjutnya adalah memasukkan air secara perlahan hingga hampir memenuhi volume ember. Saat memasukkan air, kamu bisa sembari mengaduk-ngaduk air dan abu kayu agar bisa larut menyatu. 

Baca juga: Apakah Abu Bisa Menyuburkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Diamkan larutan abu kayu

Ketika abu kayu yang dicampur dengan air sudah menjadi sebuah larutan, diamkan selama satu sampai dua hari. Hal ini dilakukan agar semua unsur haranya keluar dan dapat diserap maksimal oleh tanaman.

Aplikasikan larutan abu kayu

Setelah didiamkan selama satu sampai dua hari, larutan abu kayu berhasil dibuat menjadi pupuk cair serta bisa diaplikasikan ke tanaman.  Aplikasikan larutan atau pupuk cair abu kayu ke media tanam tanaman.

Sebelum mengaplikasikan, aduk-aduk kembali pupuk cair abu kayu, lalu kocorkan pupuk cair abu kayu ke media tanam tanaman yang kering secukupnya dan tidak berlebihan.

Namun, pengaplikasian pupuk cair abu kayu ke media tanam tidak boleh diaplikasikan setiap hari. Cukup aplikasikan pupuk cair abu kayu setiap satu sampai dua bulan sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com