Kompas.com - 09/06/2021, 07:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan salah satu faktor paling penting untuk pertumbuhan tanaman menjadi lebih sehat. Berbagai jenis pupuk dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman masing-masing.

Bahkan Anda juga bisa menemukan pupuk alami di sekitar lingkungan rumah, salah satunya abu kayu.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021), abu kayu adalah sumber kapur dan potasium yang sangat baik untuk tanaman. Pupuk abu kayu paling baik digunakan dengan menyebarnya secara langsung, atau dengan terlebih dahulu dikomposkan bersama dengan sisa kompos.

Baca juga: Apakah Abu Bisa Menyuburkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Ini karena abu kayu akan menghasilkan alkali dan garam jika basah. Dalam jumlah kecil, alkali dan garam tidak akan menyebabkan masalah, tetapi dalam jumlah yang lebih besar, alkali dan garam dapat membakar tanaman Anda.

Sementara itu, untuk memasukkannya ke dalam kompos, tambahkan seember abu kayu setiap beberapa minggu bersama dengan bahan lain seperti sisa bahan atau makanan dapur, daun dan bahkan beberapa pupuk kandang.

Aduk tumpukan kompos secara teratur untuk menganginkan isinya dan terjadi dekomposisi atau pembusukan pupuk. 

Hal yang harus diperhatikan, pengomposan menggunakan abu perapian memungkinkan adanya kandungan alkali dan garam larut.

Baca juga: Jangan Dibuang, Abu Rokok Bisa Suburkan Tanaman

Namun, tidak semua pupuk abu kayu sama. Jika abu perapian di kompos Anda dibuat terutama dari kayu keras, nutrisi dan mineral dalam abu kayu akan jauh lebih tinggi.

Jika abu kayu di kompos Anda sebagian besar dibuat dengan membakar kayu lunak seperti pinus atau cemara, akan ada lebih sedikit nutrisi dan mineral dalam abu.

Pengendalian hama dan pengubah pH

Abu kayu juga berguna untuk pengendalian hama. Garam dalam abu kayu akan membunuh hama pengganggu seperti siput dan beberapa jenis invertebrata bertubuh lunak.

Untuk menggunakan abu kayu sebagai pengendalian hama, cukup taburkan di sekitar pangkal tanaman yang terserang hama bertubuh lunak.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.