Kompas.com - 11/10/2021, 11:52 WIB
Ilustrasi ruang kerja di rumah. UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGNIlustrasi ruang kerja di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa pandemi, banyak orang yang menghabiskan waktu bekerja di dari rumah alias work from home (WFH). 

Cara ruang kerja Anda dirancang dapat berdampak besar pada produktivitas, baik membantu Anda tetap fokus dan termotivasi atau memberikan gangguan dan interupsi.

Adapun seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (11/10/2021) menerapkan prinsip-prinsip feng shui ke ruang kerja Anda adalah salah satu cara untuk menumbuhkan lingkungan kerja yang tenang dan produktif dan menciptakan energi positif.

Baca juga: Trik Meletakkan Tanaman di Ruang Kerja Menurut Feng Shui

"Dengan mengatasi energi, atau chi, di kantor Anda, seni Tiongkok kuno mendorong fokus yang lebih baik, lebih sukses, dan meningkatkan alur kerja secara keseluruhan," kata Leslie Close, seorang desainer interior dan ahli feng shui yang berbasis di Los Angeles, AS.

Feng shui memberikan pedoman untuk tata letak ruangan, dekorasi, skema warna, dan elemen lain yang dapat membantu mempromosikan getaran positif.

"Energi di ruang kerja Anda, baik di rumah atau di kantor, memengaruhi perasaan Anda di ruangan itu, dan bagaimana perasaan Anda memengaruhi produktivitas dan kualitas pekerjaan Anda," sebut Close.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan tips feng shui untuk ruang kerja Anda guna mewujudkan kehidupan karier yang lebih bahagia dan lebih seimbang.

Baca juga: 7 Ide Merancang Ruang Kerja di Rumah

1. Bersihkan kekacauan area kerja

Ruang kerja yang rapi dan tidak berantakan akan membantu Anda fokus pada tugas yang ada daripada kekacauan di sekitar. Bersihkan barang-barang yang tidak perlu dari ruang kerja Anda, seperti dokumen lama, perlengkapan kantor berlebih, dan benda lain-lain. Ini juga berlaku untuk kekacauan yang tidak terlihat.

"Jangan lupa untuk membersihkan kekacauan di laci dan komputer Anda," saran Close.

2. Pilih tata ruang kantor feng shui

Kunci tata letak kantor feng shui adalah menempatkan meja pada posisi perintah. Saat duduk di meja, Anda harus bisa melihat pintu tanpa harus sejajar dengannya.

"Anda harus dapat melihat apa yang akan terjadi pada Anda," jelas Close.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.