Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2021, 09:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias tidak kenal terhadap serangan hama serangga. Mengobati tanaman hias dengan pestisida adalah salah satu cara untuk membasmi hama.

Namun demikian, Anda harus memastikan bahwa pestisida tersebut adalah pilihan alami yang aman untuk digunakan di rumah. Salah satu pestisida alami yang aman digunakan adalah minyak nimba.

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (5/10/2021), berikut penjelasan mengenai minyak nimba, manfaat minyak nimba untuk tanaman, dan cara menggunakannya.

Baca juga: Mengenal Minyak Nimba, Pembasmi Hama Tanaman Secara Alami

Apa itu minyak nimba?

Minyak nimba adalah insektisida alami yang berasal dari biji pohon nimba (Azadirachta indica). Tanaman yang tumbuh cepat ini berasal dari India dan Srilanka, serta telah lama digunakan sebagai obat dalam pengobatan India dan Ayurveda.

Ilustrasi minyak nimba atau neem oil. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGEFACTORY.COM Ilustrasi minyak nimba atau neem oil.

Saat ini, minyak nimba diproduksi secara massal untuk produk kecantikan. Minyak ini sangat membantu untuk menenangkan sejumlah kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim, serta sebagai pestisida alami untuk tanaman.

Minyak nimba bermanfaat sebagai pestisida berkat konsistensi lilinnya yang dapat menjebak serangga dan bahan aktifnya, yakni Azadirachtin.

Bahan kimia ini meniru hormon alami serangga, tetapi mengganggu kemampuannya untuk makan dan bertelur.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih, Bisa Pakai Minyak Nimba

"Jika disemprotkan secara rutin ke tanaman, serangga lapar yang memakannya akan pada akhirnya kelaparan serta siklus pematangan dan reproduksinya terganggu," kata Leslie F Halleck, seorang ahli hortikultura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com