Kompas.com - 11/09/2021, 13:38 WIB
Ilustrasi bantal. FREEPIK/BENZOIXIlustrasi bantal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu dan frekuensi pemakaian, bantal yang padat bisa menjadi kempis. Bantal kempis tentu dapat mengganggu kenyamanan tidur Anda.

Ada banyak cara yang kerap dilakukan orang untuk membuat bantal kempis kembali padat, misalnya meremas bantal, mengikatnya, atau bahkan melipat bantal menjadi dua. Namun, cara-cara tersebut seringkali tak berhasil mengembalikan kenyamanan tidur.

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (11/9/2021), berikut beberapa cara membuat bantal kempis kembali padat, agar tidur Anda dapat nyenyak dan nyaman.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Bantal

Bantal kempis dan tidak berbentuk

Saat Anda melakukan gerakan-gerakan umum untuk mencoba mengembangkan kembali bantal, yang sebenarnya Anda lakukan adalah membiarkan aliran udara bersirkulasi kembali ke seluruh bagian bantal.

"Selama penggunaan, bantal akan tertekan, dan udara akan keluar dari bantal, sehingga bantal tetap rata," jelas Jack DellAccio, pendiri dan CEO Essentia.

"Bahan pengisi dan bahan pembungkus bantal yang berbeda akan berperilaku berbeda bergantung pada seberapa banyak udara yang dilepaskan dan seberapa cepat udara dapat dipulihkan," ujar DellAcio.

Tergantung pada bahan isian bantal Anda, DellAccio menyatakan, tindakan menepuk-nepuk mungkin tidak mengembalikan bantal ke keadaan semula.

Baca juga: 5 Cara Membuat Bantal Lebih Tahan Lama

"Serat dan busa yang longgar saling mengikat, sehingga lebih sulit untuk aliran udara, yang berarti bahan-bahan ini tetap rata," terang dia.

"Mungkin juga ada penambahan tungau debu, yang menambah kepadatan biasanya bantal serat yang selanjutnya akan membatasi aliran udara dan juga menyebabkan lebih banyak serat menjadi rata," ujarnya.

Cara memadatkan kembali bantal yang kempis

Cara terbaik untuk memadatkan kembali bantal akan bervariasi tergantung pada jenis yang Anda miliki, menurut Rachael Durkin, manajer umum Allswell.

"Oleh karena itu, penting untuk mengingat bahan isian saat Anda mulai memadatkan kembali. Untuk bantal isi serat tradisional, Anda bisa menepuk-nepuk dengan tangan dengan mengocoknya dengan lembut dan memberikannya beberapa pukulan yang baik untuk membantu membubarkan isian secara merata," papar Durkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.