Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Gigi Kucing, Jarang Sakit Gigi dan Tidak Berlubang

Kompas.com - 08/09/2021, 16:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber PetMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya perilakunya yang lucu dan menggemaskan, setiap anggota tubuh kucing juga memiliki fakta menarik yang jarang diketahui pemiliknya, salah satunya bagian gigi kucing. 

Melansir dari PetMD, Rabu (8/9/2021), bagian mulut kucing adalah sebuah misteri bagi banyak pemiliknya dan ada banyak fakta menarik di dalamnya. Apa saja?

Berikut ini fakta menarik gigi kucing yang perlu diketahui pencintai kucing. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Gigi Kucing yang Sebaiknya Kamu Ketahui 

Memiliki beberapa kesamaan dengan gigi manusia

Gigi kucing terlihat sangat berbeda dengan gigi manusia. Manusia memiliki dua set gigi yang berurutan.

Set pertama terdiri atas gigi sulung atau gigi susu yang akan rontok ketika manusia masih muda. Kemudian, satu set permanen masuk. Namun, garis waktu gigi kucing sedikit lebih cepat daripada manusia. 

Baca juga: Merawat Gigi Kucing Itu Penting, Begini Caranya

Kucing dilahirkan tanpa gigi, tetapi gigi susu mereka mulai tumbuh ketika berusia sekitar dua minggu,” kata Dan Carmichael, dokter gigi hewan bersertifikat di NYC's Animal Medical Center.

Kemudian, gigi susu mulai tanggal sekitar tiga bulan untuk memberi ruang bagi gigi permanen. Jika dirawat dengan benar, gigi permanen kucing akan bertahan seumur hidup.

Kucing memiliki 26 gigi susu dan 30 gigi permanen. Sebagai perbandingan, manusia memiliki 20 gigi susu dan 32 gigi tetap, sedangkan anjing 28 gigi susu dan 42 gigi tetap. 

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Kucing Dibawa ke Dokter Hewan? 

Gigi kucing dioptimalkan untuk berburu

“Bentuk mahkota gigi kucing mencerminkan fungsi karnivora sejati,” kata Dr. Alexander Reiter, profesor kedokteran gigi dan bedah mulut dan pendidik klinisi di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania di Philadelphia, Amerika Serikat. 

Gigi kucing dibuat untuk mencukur dan merobek mangsanya seperti kucing hutan. Gigi taring besar (taring) itu dioptimalkan untuk menusuk kulit mangsa. Tentu saja, gigitan kucing sangat menyakitkan. 

Baca juga: Tips Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lainnya di Rumah 

Gigi yang berbeda memiliki fungsi berbeda

Gigi seri kucing, gigi kecil yang terletak di antara gigi taring di depan mulut kucing, tidak banyak berguna saat berburu.

Namun, gigi ini bagus untuk mengambil benda. “Mereka (gigi ini) sangat membantu jika kucing harus menggigit sesuatu,” ujar Carmichael.

Reiter menambahkan bahwa beberapa kucing menggunakan gigi seri untuk mengunyah cakar mereka, menghilangkan potongan-potongan kuku mereka yang lepas, serta saat menggaruk. 

Baca juga: Kucing Ternyata Bisa Bermimpi, Apa Ya Mimpinya? 

Kucing tidak mengalami gigi berlubang 

Kucing tidak mengalami gigi berlubang, sedangkan manusia mengalami gigi berlubang, yang juga dapat disebut sebagai “karies”. Hal ini sebagian karena bentuk gigi kucing.

“Tidak seperti manusia dan anjing, kucing tidak memiliki meja oklusal (permukaan horizontal) pada geraham mereka. Dengan demikian, mereka tidak mengembangkan lesi karies yang sebenarnya,” ujar Reiter.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com