Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2021, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema adalah salah satu tanaman hias populer yang banyak dikoleksi di rumah. Tanaman hias ini digemari karena bentuk dan corak daunnya yang beraneka warna dan cantik.

Sama seperti tanaman lainnya, aglonema membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Pupuk yang diperlukan tanaman berupa unsur makro dan mikro.

Unsur makro diperlukan dalam jumlah besar, sedangkan unsur mikro jumlahnya relatif sedikit. Unsur makro yang mutlak diperlukan adalah N (nitrogen), P (fosfor), dan K (kalium).

Baca juga: Racikan Pupuk agar Tidak Perlu Sering Mengganti Media Tanam Aglonema

Secara umum, unsur N berfungsi untuk pembentukan protein yang dibutuhkan sel-sel tanaman untuk pertumbuhan. Unsur P digunakan untuk pembentukan inti sel dan pembelahan sel, pembentukan lemak, merangsang pembungaan, serta pembentukan biji dan ketahanan terhadap penyakit.

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Brilliant.SHUTTERSTOCK/DROPSTOCK Ilustrasi tanaman hias Aglonema Brilliant.

Unsur K diperlukan tanaman untuk memperlancar proses kerja tanaman, menguatkan jaringan, daun, bunga dan buah agar tidak mudah gugur.

Adapun aglonema termasuk tanaman hias daun, sehingga perlu unsur N lebih tinggi dari unsur lainnya.

Dilansir dari laman resmi Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (6/9/2021), berikut beberapa rekomendasi pupuk aglonema untuk mendorong pertumbuhan yang subur dan daunnya lebat.

Baca juga: Penyebab Utama Aglonema Tidak Mau Bertunas

1. Pupuk kandang

Pupuk kandang dapat dibuat dari kotoran hewan yang telah menjadi kompos. Adapun pupuk dari kotoran kelelawar (guano) memiliki kandungan N, P dan K lebih tinggi dibanding pupuk kandang lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com