Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Sarang Kuman, Ini Cara Membersihkan Peralatan Olahraga di Rumah

Kompas.com - 09/08/2021, 13:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berolahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Dengan demikian, ketika virus corona mewabah, banyak orang memilih untuk melakukan olahraga di rumah.

Sebagian besar orang pun merasa lebih nyaman berolahraga di rumah. Bahkan, dikutip dari Martha Stewart, Senin (9/8/2021), berdasarkan survei yang dilakukan perusahaan kebugaran Beachbody, sembilan dari sepuluh warga AS yang berolahraga secara teratur menyatakan akan terus berolahrga di rumah ketimbang di pusat kebugaran atau gym.

Meski demikian, jangan lupa melakukan satu hal penting ini. Hanya karena Anda berolahraga di rumah, bukan berarti Anda bisa mengabaikan semua protokol kebersihan.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda pada Kloset Secara Menyeluruh

Bahkan jika Anda tidak berbagi peralatan di rumah secara teratur, tetap saja bakteri dan kuman bisa bersarang di peralatan olahraga Anda.

Ilustrasi dumbbell atau barbel. PIXABAY/ALFRED DERKS Ilustrasi dumbbell atau barbel.

Cara terbaik untuk membersihkan peralatan olahraga di rumah adalah dengan menggunakan kain mikrofiber dan pembersih serbaguna alami berkualitas baik yang terbukti membunuh bakteri dan virus. Cari kata-kata "disinfektan" atau "antibakteri" pada label kemasannya.

Kain mikrofiber lembut pada peralatan, dan tidak meninggalkan goresan.

"Adapun bahan kimia keras seperti pemutih, amonia, dan alkohol dapat berdampak negatif pada kesehatan dan peralatan olahraga Anda, terutama mesin dengan fitur halus seperti layar," kata Alicia Sokolowski, presiden dan pendiri AspenClean.

Baca juga: 6 Manfaat Lemon untuk Membersihkan dan Menghilangkan Bau di Rumah

Untuk langkah cepat membersihkan peralatan olahraga, Anda juga bisa menggunakan tisu pembersih serbaguna yang dilengkapi disinfektan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com