Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2021, 22:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung merupakan salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara orang. Dibanding hewan peliharaan lainnya seperti anjing kucing, merawat burung jauh lebih mudah.

Burung tidak memerlukan pakan atau nutrisi yang banyak. Pakan dan biayanya juga terbilang murah serta mudah didapat. 

Baca juga: 3 Burung Peliharaan yang Cocok Dipelihara Bersama Anak-anak

Hal paling penting merawat burung adalah membersihkan kandangnya secara rutin. Kandang adalah rumah sekaligus area bermain untuk hewan omnivora ini.

Untuk itu, penting memperhatikan kebersihan kandang burng. Pasalnya, kandang yang kotor dan buruk mempengaruhi kesehatan serta tumbuh kembang burung.

Janice Ruesch dari Farport, New York, Amerika Serikat, mengaku rutin membersihkan kandang burung miliknya berkali-kali selama musim panas. Meski demikian, dirinya merasa kandang tersebut tidak benar-benar bersih. 

Baca juga: Para Pemilik Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Depresi pada Burung

Lantas, bagaimana cara tepat membersihkan kandang burung

Sebetulnya, membersihkan kandang burung peliharaan tergantung pada bahan atau material pembuatan kandang.

Untuk membersihkannya, campuran air dan pemutih bisa menjadi solusi pembersihan yang efektif. Jika ragu seberapa baik bahan akan bertahan, pastikan menguji area kecil terlebih dahulu sebelum membersihkan seluruh kandang burung. 

Baca juga: 8 Burung Peliharaan Terbaik untuk Kamu yang Sibuk 

Nah, berikut ini langkah-langkah membersihkan kandang burung dikutip dari laman Family Handyman, Rabu (4/8/2021), yang bisa dilakukan di rumah. 

1. Jika pemandian burung terbuat dari beton, kosongkan airnya. Dengan menggunakan selang dengan nosel bertekanan tinggi, semprotkan ganggang atau kotoran yang menumpuk pada permukaan kandang.

2. Tambahkan air ke permukaan kandang sampai hampir penuh, kemudian tambahkan satu hingga satu setengah cangkir pemutih. 

Baca juga: 3 Jenis Burung Peliharaan yang Baik untuk Anak-anak

3. Tutupi seluruh permukaan bawah kandang burung dengan kantong sampah hitam untuk mencegah burung masuk ke air pemutih. Lalu, biarkan meresap selama 10-15 menit.

4. Lepaskan kantong plastik dan tiriskan campuran air pemutih dengan hati-hati di tempat yang aman.

5. Kemudian, bilas permukaan bawah kandang selama beberapa menit dengan air bersih sampai Anda tidak bisa lagi mendeteksi bau pemutih. 

Baca juga: Mungkinkah Kita Memelihara Burung Hantu Seperti Harry Potter?

Membersihkan dengan cuka

Selain pemutih, Anda juga dapat menyegarkan kandang burung dalam sekejap menggunakan cuka. Bilas saja permukaannya dan gosok baskom dengan larutan cuka dan air dengan perbanding 1:9 (sembilan bagian air dan satu bagian cuka).

Mencegah pertumbuhan alga

Mengganti air bak mandi burung setiap beberapa hari akan membantu mencegah pertumbuhan alga. Hal ini juga membuatnya lebih mudah dibersihkan dalam jangka panjang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com