Kompas.com - 31/07/2021, 18:29 WIB
Ilustrasi menanam tanaman dengan sistem hidroponik. PIXABAY/IAMARERIIlustrasi menanam tanaman dengan sistem hidroponik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama tanaman merupakan musuh bagi petani karena dapat merusak hasil tanam dan seringkali menyebabkan gagal panen. Untuk itu berbagai cara dilakukan untuk menghindari kerusakan tanaman akibat hama.

Meskipun menggunakan media air, tanaman hidroponik pun tak luput dari serangan hama. Hama dapat menyerang pada bagian daun maupun akar tanaman yang terendam air. Akibatnya, pertumbuhan daun tidak sempurna sehingga hasil panen kurang maksimal.

Agar hal itu tak terjadi pada tanaman hidroponikmu, melansir dari Safer Brand, Sabtu (31/7/2021), berikut hama yang seringkali ditemukan pada tanaman hidroponik dan cara mengatasinya.

Baca juga: Pestisida Organik untuk Membasmi Hama Kutu Putih Pada Tanaman

Ilustrasi hama kutu kebul atau Silverleaf Whitefly pada tanaman. SHUTTERSTOCK/CATHERINE ECKERT Ilustrasi hama kutu kebul atau Silverleaf Whitefly pada tanaman.

1. Kutu kebul

Hama yang seringkali ditemukan pada tanaman hidroponik adalah kutu kebul. Hama ini memiliki ukuran yang kecil, bersayap dan berwarna putih yang hidup secara berkelompok di balik daun.

Kutu kebul menyedot cairan tanaman dan mengeluarkan cairan manis yang dapat merangsang tumbuhnya embun jelaga dan jamur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu menemukan kutu kebul pada tanaman hidroponik mu, kamu bisa membersihkan bagian bawah daun dan mengikis telur-telur nya dan menyemprotkan pestisida alami pada bagian batang dan bawah daun.

2. Tungau laba-laba

Tidak seperti laba-lama yang memangsa hama, tungau laba-laba melemahkan tanaman dengan menghisap sari buah dari batangnya.

Baca juga: Cara Mengusir Hama Semut pada Tanaman Keladi dengan Ampas Kopi

Jika kamu menemukan bintik kuning pada ujung daun dan sarang laba-laba yang sangat halus, kemungkinan ada tungau laba-laba yang hidup dan bersarang pada tanaman.

Tungau ini tumbuh di daerah kering, pastikan untuk selalu menjaga kelembaban tanaman mu. karena tungau ini suka bermigrasi ke tanaman lain, isolasi tanaman yang terjangkit hama segera setelah kamu menemukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.