Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 06/06/2023, 20:50 WIB
Lolita Valda Claudia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama tanaman merupakan musuh bagi petani karena dapat merusak hasil tanam dan seringkali menyebabkan gagal panen. Untuk itu berbagai cara dilakukan untuk menghindari kerusakan tanaman akibat hama.

Meskipun menggunakan media air, tanaman hidroponik pun tak luput dari serangan hama. Hama dapat menyerang pada bagian daun maupun akar tanaman yang terendam air. Akibatnya, pertumbuhan daun tidak sempurna sehingga hasil panen kurang maksimal.

Agar hal itu tak terjadi pada tanaman hidroponik, dilansir Safer Brand, berikut hama tanaman hidroponik dan cara mengatasinya.

Baca juga: Pestisida Organik untuk Membasmi Hama Kutu Putih Pada Tanaman

Ilustrasi hama kutu kebul pada daun tanaman. SHUTTERSTOCK/PROTASOV AN Ilustrasi hama kutu kebul pada daun tanaman.

1. Kutu kebul

Hama yang seringkali ditemukan pada tanaman hidroponik adalah kutu kebul. Hama ini memiliki ukuran yang kecil, bersayap dan berwarna putih yang hidup secara berkelompok di balik daun.

Kutu kebul menyedot cairan tanaman dan mengeluarkan cairan manis yang dapat merangsang tumbuhnya embun jelaga dan jamur.

Jika kamu menemukan kutu kebul pada tanaman hidroponik, kamu bisa membersihkan bagian bawah daun dan mengikis telur-telurnya dan menyemprotkan pestisida alami pada bagian batang dan bawah daun.

2. Tungau laba-laba

Tidak seperti laba-lama yang memangsa hama, tungau laba-laba melemahkan tanaman dengan menghisap sari buah dari batangnya.

Baca juga: Cara Mengusir Hama Semut pada Tanaman Keladi dengan Ampas Kopi

Jika kamu menemukan bintik kuning pada ujung daun dan sarang laba-laba yang sangat halus, kemungkinan ada tungau laba-laba yang hidup dan bersarang pada tanaman.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com