Kompas.com - 29/07/2021, 18:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki warna mata yang menarik, mulai dari emas, hijau, atau biru. Seperti semua hewan dan manusia, warna mata kucing ditentukan oleh genetika.

Genetika menyebabkan kucing memiliki semua bulu hitam, dan faktanya, itu cukup langka. Kombinasi bulu kucing hitam dan mata hijau masih jarang.

Dilansir dari Cuteness, Kamis (29/7/2021), melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit, mata, dan bulu.

Baca juga: 4 Penyebab Mata Kucing Belekan

Lebih banyak melanin menghasilkan bulu yang lebih gelap, dan lebih sedikit melanin menghasilkan bulu yang lebih terang atau warna bulu yang berbeda, tergantung pada genetika lain yang terlibat. Tidak adanya hasil melanin dalam albinisme.

Ada keuntungan genetik untuk beberapa hewan yang memiliki bulu gelap atau hitam pekat. Menurut National Geographic, semua spesies kucing setidaknya aktif sebagian di malam hari, waktu di mana menjadi berwarna terang atau putih akan menjadi kerugian yang kuat.

Seekor macan kumbang hitam, misalnya, semuanya hitam dan berburu di malam hari, ketika menjadi hitam adalah keuntungan yang kuat.

Sementara itu, warna mata kucing domestik dapat berkisar dari biru, hijau, kuning, dan oranye hingga tembaga atau emas.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Warna Mata Kucing

Melanin dapat memiliki efek yang berbeda pada bulu dan mata, artinya kucing dengan bulu gelap dapat memiliki mata berwarna terang dan sebaliknya.

Tingkat melanin yang rendah akan menghasilkan mata hijau sedangkan tingkat melanin tertinggi menghasilkan mata tembaga. Beberapa kucing bahkan dapat memiliki dua mata berwarna berbeda.

Melanin juga memengaruhi warna mata kucing

Warna mata kucing berasal dari jumlah melanin di iris, area di sekitar pupil. Seekor kucing tanpa melanin di iris akan memiliki mata biru. Mata hijau juga memiliki sedikit melanin.

Sementara itu, kucing hitam sering dikaitkan dengan mata emas atau hijau. Di alam liar, harimau dan singa, yang memiliki bulu kemerahan, biasanya memiliki mata berwarna emas atau kuning.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.