Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Memiliki Mata yang Berwarna-Warni?

Kompas.com - 29/07/2021, 18:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki warna mata yang menarik, mulai dari emas, hijau, atau biru. Seperti semua hewan dan manusia, warna mata kucing ditentukan oleh genetika.

Genetika menyebabkan kucing memiliki semua bulu hitam, dan faktanya, itu cukup langka. Kombinasi bulu kucing hitam dan mata hijau masih jarang.

Dilansir dari Cuteness, Kamis (29/7/2021), melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit, mata, dan bulu.

Baca juga: 4 Penyebab Mata Kucing Belekan

Lebih banyak melanin menghasilkan bulu yang lebih gelap, dan lebih sedikit melanin menghasilkan bulu yang lebih terang atau warna bulu yang berbeda, tergantung pada genetika lain yang terlibat. Tidak adanya hasil melanin dalam albinisme.

Ada keuntungan genetik untuk beberapa hewan yang memiliki bulu gelap atau hitam pekat. Menurut National Geographic, semua spesies kucing setidaknya aktif sebagian di malam hari, waktu di mana menjadi berwarna terang atau putih akan menjadi kerugian yang kuat.

Seekor macan kumbang hitam, misalnya, semuanya hitam dan berburu di malam hari, ketika menjadi hitam adalah keuntungan yang kuat.

Sementara itu, warna mata kucing domestik dapat berkisar dari biru, hijau, kuning, dan oranye hingga tembaga atau emas.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Warna Mata Kucing

Melanin dapat memiliki efek yang berbeda pada bulu dan mata, artinya kucing dengan bulu gelap dapat memiliki mata berwarna terang dan sebaliknya.

Tingkat melanin yang rendah akan menghasilkan mata hijau sedangkan tingkat melanin tertinggi menghasilkan mata tembaga. Beberapa kucing bahkan dapat memiliki dua mata berwarna berbeda.

Melanin juga memengaruhi warna mata kucing

Warna mata kucing berasal dari jumlah melanin di iris, area di sekitar pupil. Seekor kucing tanpa melanin di iris akan memiliki mata biru. Mata hijau juga memiliki sedikit melanin.

Sementara itu, kucing hitam sering dikaitkan dengan mata emas atau hijau. Di alam liar, harimau dan singa, yang memiliki bulu kemerahan, biasanya memiliki mata berwarna emas atau kuning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com